PENAMBAHAN ADITIF PRESTONE, REDEX DAN BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP PRESTASI MESIN DIESEL, TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK
Abstract
Melihat begitu banyak pengguna kendaraan bermotor yang sebagian besar bahan bakarnya minyak bumi, maka dari itu dapat dikhawatirkan minyak bumi akan habis dalam jangka waktu tertentu. Salah satu perlakuan khusus yang diberikan pada bahan bakar untuk meningkatkan unjuk kerja mesin diesel adalah dengan menambahkan aditif pada bahan bakar.
Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Lampung. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini Tec Quipment TD 114 sebagai pengukur torsi, stopwatch dan tachometer sebagai pengukur putaran mesin. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah aditif A (Prestone), B (Redex) dan bahan bakar solar.
Dari seluruh penelitian telah dilakukan, maka dapat dilihat pengaruh penambahan aditif bahan bakar terhadap prestasi mesin diesel. Jumlah aditif 0,8% A (Prestone) yang ditambahkan pada bahan bakar, sangat mempengaruhi tingkat prestasi mesin diesel dibandingkan dengan bahan bakar solar murni meliputi torsi, daya dan konsumsi bahan bakar.
Dari dua macam aditif yang ditambahkan, persentase kenaikan setelah dilakukan uji laboratorium pada putaran tertinggi adalah : Pada penambahan 0,4% A (Prestone), torsi 2,9%, daya 2,6%, konsumsi bahan bakar 1,6%. Pada penambahan 0,8% A (Prestone), torsi 5,7%, daya 5,5%, konsumsi bahan bakar 4,3%. Pada penambahan 0,1% B (Redex), torsi 1,5%, daya 1,1%, konsumsi bahan bakar 0,9%. Pada penambahan 0,5% B (Redex), torsi 4,1%, daya 4,0%, konsumsi bahan bakar 3,8%.
keywords : aditif, mesin diesel, torsi, daya, bahan bakar spesifik.
References
Arismunandar, W. & Tsuda, K. 1975. Motor Diesel Putaran Tinggi Penerbit P.T. Pradnya Paramita. Jakarta.
Boenarto, 1995. Praktek Keterampilan Motor Diesel Mobil Penerbit C.V. Aneka. Solo.
Culp, A. W., 1996. Perinsip-perinsip Konversi Energi Penerjemah Darwin Sitompul. Penerbit Erlangga.
Daryanto, 2004. Motor Diesel pada Mobil Penerbit C.V. Yrama Widya. Bandung.
Mitsubishi Training Center Departemen. Penerbit P.T. Krama Yuda Tiga Berlian Motors. Jakarta.
Sukoco & Arifin Zainal. 2008. Teknologi Motor Diesel Penerbit Alfabeta. Bandung
Toyota Astra Training Manual Diesel Engine. Tecquipment Limited, TD110 TD115 Mini Engine Test Rings ang Instrumentation , England.
Usman, R. & Sardjijo. 1979. Motor Bakar 3 Penerbit P.T. Anem Kosong Anem.
Wardono H. 2004 Modul Pembelajaran Motor Bakar 4-Langkah , Jurusan Tekn ik Mesin Universitas Lampung, Bandar Lampung.
DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v1i1.124
Article Metrics
Abstract view : 1180 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1117 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Melihat begitu banyak pengguna kendaraan bermotor yang sebagian besar bahan bakarnya minyak bumi, maka dari itu dapat dikhawatirkan minyak bumi akan habis dalam jangka waktu tertentu. Salah satu perlakuan khusus yang diberikan pada bahan bakar untuk meningkatkan unjuk kerja mesin diesel adalah dengan menambahkan aditif pada bahan bakar.
Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Lampung. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini Tec Quipment TD 114 sebagai pengukur torsi, stopwatch dan tachometer sebagai pengukur putaran mesin. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah aditif A (Prestone), B (Redex) dan bahan bakar solar.
Dari seluruh penelitian telah dilakukan, maka dapat dilihat pengaruh penambahan aditif bahan bakar terhadap prestasi mesin diesel. Jumlah aditif 0,8% A (Prestone) yang ditambahkan pada bahan bakar, sangat mempengaruhi tingkat prestasi mesin diesel dibandingkan dengan bahan bakar solar murni meliputi torsi, daya dan konsumsi bahan bakar.
Dari dua macam aditif yang ditambahkan, persentase kenaikan setelah dilakukan uji laboratorium pada putaran tertinggi adalah : Pada penambahan 0,4% A (Prestone), torsi 2,9%, daya 2,6%, konsumsi bahan bakar 1,6%. Pada penambahan 0,8% A (Prestone), torsi 5,7%, daya 5,5%, konsumsi bahan bakar 4,3%. Pada penambahan 0,1% B (Redex), torsi 1,5%, daya 1,1%, konsumsi bahan bakar 0,9%. Pada penambahan 0,5% B (Redex), torsi 4,1%, daya 4,0%, konsumsi bahan bakar 3,8%.
keywords : aditif, mesin diesel, torsi, daya, bahan bakar spesifik.
References
Arismunandar, W. & Tsuda, K. 1975. Motor Diesel Putaran Tinggi Penerbit P.T. Pradnya Paramita. Jakarta.
Boenarto, 1995. Praktek Keterampilan Motor Diesel Mobil Penerbit C.V. Aneka. Solo.
Culp, A. W., 1996. Perinsip-perinsip Konversi Energi Penerjemah Darwin Sitompul. Penerbit Erlangga.
Daryanto, 2004. Motor Diesel pada Mobil Penerbit C.V. Yrama Widya. Bandung.
Mitsubishi Training Center Departemen. Penerbit P.T. Krama Yuda Tiga Berlian Motors. Jakarta.
Sukoco & Arifin Zainal. 2008. Teknologi Motor Diesel Penerbit Alfabeta. Bandung
Toyota Astra Training Manual Diesel Engine. Tecquipment Limited, TD110 TD115 Mini Engine Test Rings ang Instrumentation , England.
Usman, R. & Sardjijo. 1979. Motor Bakar 3 Penerbit P.T. Anem Kosong Anem.
Wardono H. 2004 Modul Pembelajaran Motor Bakar 4-Langkah , Jurusan Tekn ik Mesin Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
