Kaji Eksperimen Pengaruh Variasi Temperatur Pemanasan dan Media Pendingin pada Proses Quenching terhadap Perubahan Kekerasan Sprocket Gear Sepeda Motor Non Original

Tri Cahyo Wahyudi, Eko Nugroho, Eko Budiyanto, M Farikil Maktum

Abstract


Baja karbon merupakan logam yang banyak digunakan terutama untuk membuat alat-alat perkakas, alat-alat pertanian, komponen otomotif, kontruksi, perpipaan dan alat-alat rumah tangga. Dalam aplikasi pemakaiannya, semua baja akan terkena pengaruh gaya luar berupa gesekan, kekerasan, maupun tekan, sehingga menimbulkan deformasi atau perubahan bentuk. Usaha menjaga baja agar lebih tahan gesekan, kekerasan atau tekanan adalah dengan cara mengeraskan baja tersebut, yaitu salah satunya dengan perlakuan panas heat treatment. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperatur pemanasan dan pengaruh jenis media pendingin terhadap sifat mekanik sprocket gear, mengetahui temperatur ideal dan media pendingin yang paling optimal untuk meningkatkan sifat mekanik sprocket gear. Penelitian ini menggunakan sprocket gear non original (imitasi) tipe sepeda motor bebek dengan merk Suzuki Smash, menggunakan varian temperatur 800ºC, 850ºC, dan 900ºC dan ditahan (holding time) selama 45 menit dengan variasi Media sebagai pendingin menggunakan air, air garam, dan oli. Untuk pengujian kekerasan dilakukan menggunakan alat Rockwell skala B.  Setelah dilakukan pengujian nilai kekerasan pada material dengan variasi media pendingin dan variasi temperature pemanasan dapat diketahui temperature ideal dan media pendingin yang paling optimal adalah pada media pendinginn air garam dengan temperature 9000C  sebesar 84 HRB, sedangkan temperature pemanasan dan media pendingin yang kurang ideal adalah pada media pendingin oli pada temperature 8500C  sebesar 52 HRB.


Keywords


Perlakuan Panas, Quenching, Baja Karbon Rendah, Pengujian Rockwall Tipe B

References


Yose rizal ismardi, 2016. Pengaruh Perlakuan Panas Terhadap Sifat Kekerasan (Hardness) Pada Roda Gigi Tarik Sepeda Motor Honda.

Mas’ad, DKK. (2013). “Analisa Pengaruh Pack Carburizing Menggunakan Arang Mlanding Untuk Meningkatkan Sifat Mekanis Sproket Sepeda Motor Suzukiâ€. Prosiding SNST ke -4 Tahun 2013. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Danny, Saputra, 2014. Pengaruh Temperatur Dan Media Pendingin Pada Proses Quencing Terhadap Perubahan Sifat Mekanik Sprocket Gear Sepeda Motor.

Bibit, Sugito. 2007. Pengaruh Karburisasi Roda Gigi Sprocket Aspira Dengan AHM Terhadap Perubahan Sifat Fisis Dan Mekanis.

Marpaung, Henry. dkk. 2016. “Pengaruh Heat Treatment Terhadap Kekerasan Dan Mikrostruktur Sprocket Drive Dan Sprocket Drivenâ€. Widya Teknika Vol. 24 No. 1, Maret.

Agus, Pramono. 2011. Karakteristik Mekanik Proses Hardening Baja AISI 1045 Media Quenching Untuk Aplikasi Sprocket Rantai.

Arief, Murtiono. (2012). “Pengaruh Quenching Dan Tempering Terhadap Kekerasan Dan Kekuatan Tarik Serta Struktur Mikro Baja Karbon Sedang Untuk Mata Pisau Pemanen Sawitâ€. Jurnal e-Dinamis Volume 2. No 2 September 2012. Medan

Nugroho, Eko. dkk. 2019. “Pengaruh Temperature Dan Media Pendingin Pada Proses Heat Treatment Baja AISI 1045 Terhadap Kekerasan Dan Laju Korosiâ€. Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro.

Rubijanto. (2006). “Pengaruh Proses Pendinginan Paska Perlakuan Panas Terhadap Uji Kekerasan (Vickers) Dan Uji Tarik Pada Baja Tahan Karat 304 Produksi Pengecoran Logam Di Klatenâ€. Traksi. Vol. 4. No. 1. Juni 2006

‘‘Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsiâ€. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro. (2017).




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v6i1.1232

Article Metrics

Abstract view : 1461 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 887 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License