ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP KABUPATEN TANGGAMUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kompetensi pegawai dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua dan mengetahui pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian menggunakan analisis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kualitatif didapatkan hasil penelitian bahwa kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua belum maksimal dikarenakan pengetahuan dan kemampuan pegawai yang masih kurang dilakukan seperti pegawai dalam memberikan informasi sangat minim, pegawai dalam memberikan pelayanan mengenai berkas dan persyaratan sangat lambat dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua kurang memadai dikarenakan tidak didukung fasilitas yang ada sehingga pelayanan yang dirasakan masih kurang nyaman seperti kondisi ruang tunggu yang sempit, tempat parkir yang tidak ada atapnya serta kursi tunggu yang tidak terawat.
Â
Â
Keywords
Kompetensi;Pelayanan;Pajak kendaraan bermotor
References
Astuti. 2014. Kompetensi Fiskus dan Kualitas Layanan Salemba Empat Jakarta
Dwimawanti. 2013. Inovasi Pelayanan Publik. PT Gramedia Indonesia, Jakarta.
Hutapea dan Thoha. 2012. Kompetensi, Teori, Desain dan Kasus Grafindo Persada, Jakarta.
Lexy. M., J,. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Moeheriono. 2013. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Edisi Revisi) Rajawali Jakarta.
Ningsih, L. 2015. Kompetensi, Teori, Desain dan Kasus Grafindo Persada, Jakarta.
Rohman dkk. 2015. Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Alfabeta. Bandung.
Rosidah. 2013. Manajemen Summber Daya Manusia. Graha Ilmu Jakarta
Sugiyono. 2013. Pengantar Staistik dan Metode Kajian Penelitian Sosial Bumi Aksara, Jakarta.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan
pajak retribusi daerah Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M-PAN/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
DOI: https://doi.org/10.24967/fisip.v2i1.655
Article Metrics
Abstract view : 1406 times
PDF : 617 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JISIP

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kompetensi pegawai dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua dan mengetahui pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian menggunakan analisis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kualitatif didapatkan hasil penelitian bahwa kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua belum maksimal dikarenakan pengetahuan dan kemampuan pegawai yang masih kurang dilakukan seperti pegawai dalam memberikan informasi sangat minim, pegawai dalam memberikan pelayanan mengenai berkas dan persyaratan sangat lambat dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua kurang memadai dikarenakan tidak didukung fasilitas yang ada sehingga pelayanan yang dirasakan masih kurang nyaman seperti kondisi ruang tunggu yang sempit, tempat parkir yang tidak ada atapnya serta kursi tunggu yang tidak terawat.
Â
Â
Keywords
References
Astuti. 2014. Kompetensi Fiskus dan Kualitas Layanan Salemba Empat Jakarta
Dwimawanti. 2013. Inovasi Pelayanan Publik. PT Gramedia Indonesia, Jakarta.
Hutapea dan Thoha. 2012. Kompetensi, Teori, Desain dan Kasus Grafindo Persada, Jakarta.
Lexy. M., J,. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Moeheriono. 2013. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Edisi Revisi) Rajawali Jakarta.
Ningsih, L. 2015. Kompetensi, Teori, Desain dan Kasus Grafindo Persada, Jakarta.
Rohman dkk. 2015. Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Alfabeta. Bandung.
Rosidah. 2013. Manajemen Summber Daya Manusia. Graha Ilmu Jakarta
Sugiyono. 2013. Pengantar Staistik dan Metode Kajian Penelitian Sosial Bumi Aksara, Jakarta.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan
pajak retribusi daerah Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M-PAN/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Â