FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA ANGKUTAN BARANG PADA BIDANG ANGKUTAN JALAN DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Yufi Wiyosrini Masykuroh, Wahyu Widianto Widianto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan dalam pembuatan surat izin usaha angkutan barang pada bidang angkutan jalan di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk melihat kondisi objek yang alamian dimana peneliti adalah sebagai instrument. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini adalah masih adanya Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik pada Bidang Angkutan Jalan di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung adalah kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana prasarana. Selain itu Bidang Angkutan Jalan sudah menerapkan dimensi – dimensi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi masih ada yang belum terlaksana dengan baik, sehingga masih adanya keluhan dari masyarakat terkait kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai layanan di Bidang Angkutan Jalan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih adanya faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik, dan penerapan dimensi – dimensi kualitas pelayanan publik belum terlaksana dengan baik di Bidang Angkutan Jalan. Sebaiknya Bidang Angkutan Jalan menambahkan dalam segi sarana dan prasarana dalam proses layanan, dan juga hendaknya Kepala Bidang Angkutan Jalan memberikan sanksi yang keras kepada setiap pegawai layanan yang menjalankan tugasnya tidak disiplin agar terciptanya kualitas pelayanan yang prima.


Keywords


Kualitas Pelayanan;Surat Izin Usaha;Dinas Perhubungan

Full Text:

PDF

References


Atep Adya Barata. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira.

Moenir, 2005. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sinambela, 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. ALPHABETA.

Tjiptono, 2007. Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta; Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.24967/fisip.v1i1.324

Article Metrics

Abstract view : 1236 times
PDF : 1870 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JISIP

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

 Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats