IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN TATA PEMERINTAHAN KABUPATEN PESAWARAN

NEYSA AMALLIA AMALLIA, Karlena Karlena Karlena

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana mengimplementasi Sistem Informasi Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Sumber Daya Manusia yang terdapat pada Bagian Tata Pemerintahan kurang memiliki kemampuan di bidang Teknologi informasi dan komunikasi, untuk mengetahui jaringan yang sering mengalami ganguan terutama ketika cuaca buruk sehingga menghambat kerja pegawai Tata Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pesawaran dan untuk mengetahui Standar Operasional Prosedur yang diterapkan untuk mengimplementasi Sistem Informasi Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pesawaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Jika Implementasi Sistem Informasi Administrasi berjalan baik, maka dapat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pesawaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : Penelitian lapangan seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa implementasi Sistem Informasi Administrasi belum berjalan dengan baik, dikarenakan masih ada pegawai yang kurang memiliki kemampuan di bidang teknologi dan komunkasi, bahwa jaringan yang digunakan sering mengalami ganguan terutama ketika cuaca buruk sehingga menghambat kerja pegawai dalam memberikan informasi mengenai penyelenggraan otonomi daerah dan Standar Operasional Prosedur yang diterapkan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pesawaran belum diterapkan dengan baik. Saran hendaknya pegawai khususnya tenaga kontrak dapat meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, sehingga Sistem Informasi Administrasi dapat berjalan dengan baik, hendaknya setiap triwulan sekali diadakan perbaikan dan perawatan jaringan dan agar Standar Operasional Prosedur yang sudah diterapkan dijalankan dengan baik sehingga kualitas pelayanan dapat berjalan dengan baik.

Keywords


Implementasi Sistem Informasi Administrasi;Kualitas Pelayanan I

Full Text:

PDF

References


Abdullah Syukur, 2012. Study Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Bagong Suyanto, 2013. Metode Pe-nelitian Sosial. PT Prenada Media

Group, Jakarta

Fandy Tjiptono, 2012. Manajemen Pemasaran dan Pelayanan Modern. Penerbit Andi Ofset.

Gordon B. Davis dalam Fandy Tjip-tono, 2012. Sistem Informasi Manajemen PT Prenhallindo, Jakarta.

Hadari Nawawi, 2011. Statistika untuk Penelitian Remaja Kencana Prenada, Bandung

Jogiyanto, 2012. Analisis dan Desain Sistem Informasi. PT Graha Ilmu, Jakarta

Liang Gie dalam Ali Mufiz, 2014. Administrasi Perkantoran Modern Penerbit Liberty-Graha Ilmu

Nurdin Usman, 2012. Konteks Imple-mentasi Sistem Administrasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Parasuraman, 2010. Manajemen Kualitas : Penerapan Konsep Konsep Kualitas Pelayanan. Penerbit Bayu Media Jakarta.

Raymond Mcleod,Jr, dalam Jogi-yanto, 2012. Sistem Informasi Manajemen Salemba Empat, Jakarta

Sugiyono, 2013. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif , PT Alfabeta Bandung

Sutabri, 2013. Konsep Sistem Informasi Penerbit Andi Offeset

Sutrisno Hadi, 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Rineka Cipta Jakarta

Uma Sekaran dalam Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi PT Gramedia Pustaka, Jakarta

Wolkins dalam Saleh 2010. Manajemen Dan Enam Prinsip Pokok Kualitas Pelayanan. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah




DOI: https://doi.org/10.24967/fisip.v1i1.323

Article Metrics

Abstract view : 1205 times
PDF : 520 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JISIP

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

 Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats