ANALISIS FAKTOR-FAKTOR IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2014
Abstract
Sertifikasi guru adalah program penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Implementasi adalah kunci sukses sebuah program. Kegagalan dalam melaksanakan program berarti kegagalan dalam mencapai tujuan dari program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan sertifikasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan post positivis melalui metode kualitatif dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun 2014 telah memenuhi sembilan indikator dari unsur implementasi kebijakan publik model Merille S Grindle walaupun belum sempurna. Variabel lingkungan implementasi (context of implementation) merupakan unsur yang paling lemah dalam pelaksanaan kebijakan sertifikasi guru.
Keywords
Implementasi;Kebijakan Sertifikasi Guru;Isi Kebijakan;Lingkungan Implementasi.
Full Text:
PDF
References
Grindle, M. S. (2017). Politics and policy implementation in the Third World (Vol. 4880). Princeton University Press.
Nugroho, R. (2011). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Anwar, K., & Rahmayanti, E. (2015). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2012.
Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 2(1). Nomor, U. U. R. I. (14). tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Winarsih, W. (2008). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI KABUPATEN SEMARANG) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).
DOI: https://doi.org/10.24967/fisip.v1i1.315
Article Metrics
Abstract view : 336 times
PDF : 465 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JISIP
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Abstract
Sertifikasi guru adalah program penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Implementasi adalah kunci sukses sebuah program. Kegagalan dalam melaksanakan program berarti kegagalan dalam mencapai tujuan dari program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan sertifikasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan post positivis melalui metode kualitatif dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun 2014 telah memenuhi sembilan indikator dari unsur implementasi kebijakan publik model Merille S Grindle walaupun belum sempurna. Variabel lingkungan implementasi (context of implementation) merupakan unsur yang paling lemah dalam pelaksanaan kebijakan sertifikasi guru.
Keywords
Implementasi;Kebijakan Sertifikasi Guru;Isi Kebijakan;Lingkungan Implementasi.
Full Text:
PDFReferences
Grindle, M. S. (2017). Politics and policy implementation in the Third World (Vol. 4880). Princeton University Press.
Nugroho, R. (2011). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Anwar, K., & Rahmayanti, E. (2015). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2012.
Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 2(1). Nomor, U. U. R. I. (14). tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Winarsih, W. (2008). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI KABUPATEN SEMARANG) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).