Kemampuan Tekanan Dinamo Pompa Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Yamaha Vega Force 115cc Tahun 2015
Abstract
Pada abad 21 seperti sekarang penggunaan karburator kini digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar yang mulai mendominasi otomotif. Sistem injeksi bahan bakar atau biasa disebut EFI yaitu sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara elektronik. Pada sistem injeksi terdapat komponen yang mengalami kerusakan yaitu dinamo pompa bahan bakar (rotak). Kerusakan terjadi karena kurangnya perawatan dan penggunaan jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan rasio kompresi sepeda motor. Dinamo pompa bahan bakar sangat penting karena mempengaruhi tenaga sepeda motor, konsumsi bahan bakar, serta torsi dan daya. Pengujian dalam penelitian ini dengan menggunakan bahan bakar murni Pertalite dan Pertamax. Untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dilakukan dengan metode sepeda motor diam dengan putaran mesin 5000 rpm selama 5 menit, sepeda motor bergerak menempuh jarak 10 km. Sedangkan, untuk mengetahui torsi dan daya dilakukan dengan menggunakan dynotest dengan putaran mesin 5000 rpm, 7000 rpm, dan 9000 rpm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dinamo pompa bahan bakar menggunakan bahan bakar Pertalite dinamo Yamaha 1FD menghasilkan tekanan 308-311 kPa serta konsumsi bahan bakar 0,720 L/h. Pengujian torsi menggunakan Pertamax, pada 5000 rpm dinamo Yamaha 1FD dan Yamaha 2 PH menghasilkan torsi paling tinggi dengan nilai yang sama yaitu 7,50 ft.lbs. Pengujian daya menggunakan Pertamax, daya paling tinggi pada 7000 rpm menggunakan dinamo Yamaha 2PH menghasilkan daya paling tinggi dengan nilai 9,50 HP.
Keywords
Daya; Konsumsi Bahan Bakar; Pompa Bahan Bakar; Tekanan Dinamo; Torsi
References
A. A. Lerryck, S. Buyung, and Y. Pakan, “Analisis Pengaruh Variasi Suhu Udara Masuk dan Putaran Motor Terhadap Durasi Penyemprotan Bahan Bakar pada Sepeda Motor matic 4 Tak,†J. Voering, vol. 7, no. 1, pp. 16–23, 2022.
D. Afrikhudin, S. Sumarli, and E. K. Mindarta, “Pengaruh Perbedaan Tekanan Bahan Bakar Terhadap Daya Dan Efisiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Automatic 110 Cc Fuel Injection,†J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 5, no. 2, p. 19, 2021, doi: 10.17977/um074v5i22021p19-24.
R. K. Ardiaanz and Y. J. Lewerissa, “Analisis perbandingan penyemprotan injektor ymjet-fi,†vol. 6, no. 2, pp. 72–80, 2021.
H. M. Sari and A. G. Wailanduw, “Rancang Bangun Alat Monitoring Kerja Sensor Pada Sepeda Motor Injeksi,†J. Rekayasa Mesin, vol. 7, no. 01, pp. 40–46, 2022.
M. A. A. Pane, W. S. -, D. S. Putra, and M. N. -, “Pengaruh Tegangan Pompa Bahan Bakar Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang,†J. Ilm. Poli Rekayasa, vol. 12, no. 1, p. 53, 2016, doi: 10.30630/jipr.12.1.35.
I. W. B. Ariawan, W. Kusuma, and I. W. B. Adnyana, “Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis,†J. Mettek, vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2016.
DOI: https://doi.org/10.24967/justimes.v2i01.3001
Article Metrics
Abstract view : 1288 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 592 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Keywords
References
A. A. Lerryck, S. Buyung, and Y. Pakan, “Analisis Pengaruh Variasi Suhu Udara Masuk dan Putaran Motor Terhadap Durasi Penyemprotan Bahan Bakar pada Sepeda Motor matic 4 Tak,†J. Voering, vol. 7, no. 1, pp. 16–23, 2022.
D. Afrikhudin, S. Sumarli, and E. K. Mindarta, “Pengaruh Perbedaan Tekanan Bahan Bakar Terhadap Daya Dan Efisiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Automatic 110 Cc Fuel Injection,†J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 5, no. 2, p. 19, 2021, doi: 10.17977/um074v5i22021p19-24.
R. K. Ardiaanz and Y. J. Lewerissa, “Analisis perbandingan penyemprotan injektor ymjet-fi,†vol. 6, no. 2, pp. 72–80, 2021.
H. M. Sari and A. G. Wailanduw, “Rancang Bangun Alat Monitoring Kerja Sensor Pada Sepeda Motor Injeksi,†J. Rekayasa Mesin, vol. 7, no. 01, pp. 40–46, 2022.
M. A. A. Pane, W. S. -, D. S. Putra, and M. N. -, “Pengaruh Tegangan Pompa Bahan Bakar Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang,†J. Ilm. Poli Rekayasa, vol. 12, no. 1, p. 53, 2016, doi: 10.30630/jipr.12.1.35.
I. W. B. Ariawan, W. Kusuma, and I. W. B. Adnyana, “Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis,†J. Mettek, vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2016.
JUSTIMES (Jurnal Rekayasa Teknik Mesin Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License