ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus : Simpang Pintu Gerbang BKP Kemiling, Kota Bandar Lampung)
Abstract
Simpang Pintu Gerbang BKP Kemiling merupakan simpang tak bersinyal yang terletak di Jalan Raya Ganjaran (Lintas Barat Sumatera). Tata guna lahan simpang Pintu Gerbang BKP Kemiling merupakan kawasan komersial dengan banyak kegiatan untuk masyarakat umum, seperti pedagang kaki lima, supermarket serta toko untuk kegiatan penjualan dan perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui 1) Volume saat jam puncak; 2) Hambatan samping terhadap kemacetan lalu lintas; 3) Kapasitas Simpang; dan 4) Kinerja simpang Pintu Gerbang BKP Kemiling. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan mengumpulkan data tentang variabel-variabel suatu permasalahan di lapangan, lalu dianalisis berdasarkan PKJI 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan systematic random sampling selama dua hari yaitu hari Senin dan Sabtu dengan durasi 6 jam. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hambatan samping tersibuk termasuk dalam kategori hambatan sedang (M) dengan frekuensi total 300-400/jam. Untuk kinerja lalu lintas tertinggi simpang 2909 smp/jam dengan kapasitas simpang sesungguhnya sebesar 2993 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,927, tundaan simpang sebesar 26,78 detik/smp dan nilai peluang antrian dalam rentang nilai 37,91 persen hingga 74,24 persen dengan tingkat pelayanan simpang (LoS) didapatkan nilai D lebih kecil dari nilai tundaan 25.1-40 detik/smp. Untuk volume lalu lintas pada jam puncak tertinggi sebesar 2909,9 smp/jam pada hari Senin, 25 Juli 2022 dalam periode waktu 17.00-18.00 WIB.
Keywords
Derajat Kejenuhan; Hambatan Samping; Kapasitas Simpang Tak Bersinyal; Kemacetan Lalu Lintas; Volume Lalu Lintas
References
[1] BPS Provinsi Lampung, “Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Bandar Lampung 2021,†2022. https://lampung.bps.go.id/indicator/12/569/1/laju-pertumbuhan-penduduk.html.
[2] BPS Provinsi Lampung, “Jumlah Penduduk Kota Bandar Lampung 2021-2022,†Lampung, 2022. [Online]. Available: https://lampung.bps.go.id/indicator/12/45/1/jumlah-penduduk.html.
[3] Z. F. Saraswati and B. F. Gunari, “Analisis Daya Tampung Jaringan Jalan Tidak Sebidang (Studi Kasus: Flyover Teuku Umar, Kota Bandar Lampung),†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21, no. 1, pp. 137–142, 2021.
[4] A. F. Rachman, “Pengaruh Transportasi Kota Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota,†J. Perenc. Wil. Dan Kota, 2015.
[5] R. Sitanggang and E. Saribanon, “Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan di DKI Jakarta,†J. Manaj. Bisnis Transp. Dan Logistik, vol. 4, no. 3, pp. 289–296, 2018.
[6] M. Margareth, P. Franklin, and F. Warouw, “Studi Kemacetan Lalu Lintas Di Pusat Kota Ratahan,†SPASIAL, vol. 2, no. 2, pp. 89–97, 2015.
[7] H. Sukmarini and M. Ridho, “Identifikasi Titik Kemacetan Lalulintas Pada Koridor Jalan Lenteng Agung Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan Dan Penanganannya,†J. Ilm. Plano Krisna, vol. 18, no. 2, pp. 1–15, 2022.
[8] M. Darmalim and N. Solikhah, “Penataan Kembali Area Pasar Muara Karang Dengan Pendekatan Walkable City,†J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 4, no. 2, pp. 2741–2754, 2022.
[9] Bertarina, O. Mahendra, F. Lestari, and D. Safitri, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Raya Za Pagar Alam di Bawah Flyover Kedaton Kota Bandar Lampung),†J. Tek. Sipil ITP, vol. 9, no. 1, pp. 30–36, 2022.
[10] F. H. Jaya and G. Gautama, “Analisa Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Ruas Jalan Urip Sumoharjo – Pulau Morotai Bandar Lampung,†Tek. Sains J. Ilmu Tek., vol. 7, no. 1, pp. 71–80, 2022, doi: 10.24967/teksis.v7i1.1610.
[11] D. H. Sembiring and Darmadi, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan pada Jl. Tegar Beriman–Jl. Raya Bogor Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor,†J. Tek. Sipil-Arsitektur, vol. 19, no. 1, pp. 93–100, 2020.
[12] I. C. Pratama, F. Lestari, and G. Pramita, “Analisis Tundaan Dan Panjang Antrian Di Perlintasan Sebidang Jalan Untung Suropati Dan Jalan Kamboja Kota Bandar Lampung,†J. Tek. Sipil, vol. 4, no. 01, pp. 1–6, 2023.
[13] M. A. U. Hasanudin, J. A. Timboeleng, and J. Longdong, “Analisa Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Empat Tak Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Banjer),†J. Tek. Sipil, vol. 7, no. 11, 2019.
[14] K. G. Najoan, S. Y. R. Rompis, and A. L. E. Rumayar, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Jl. Ahmad Yani–Jl. Wolter Monginsidi–Jl. Bethesda),†TEKNO, vol. 21, no. 84, pp. 493–503, 2023.
[15] B. M. Sectiowaty and A. R. I. Tjahjani, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Kawasan Jalan Ir. H. Juanda-Bekasi,†J. Sain dan Teknol. Tek. UTAMA, vol. 37, no. 1, 2020.
[16] K. Y. Hutama, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Jalan Raya Ciawi–Puncak.(Studi Kasus Tarikan lalu lintas di Pasar Cisarua),†J. Online Mhs. Bid. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, 2018.
[17] M. I. Fazlurrahman and B. H. Susilo, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Ir. H. Juanda–Raya bogor),†Pros. Semin. Intelekt. Muda, no. April, pp. 284–289, 2019.
[18] N. Mahmudah and E. Andriani, “Penentuan Biaya Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal SGM Yogyakarta,†J. Transp., vol. 19, no. 2, pp. 77–86, 2019.
[19] N. N. Handayani, R. Sylviana, and R. H. Rahmanto, “Analisa Dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas Di Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Bekasi Cyber Park),†Akselerasi J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 4, no. 2, 2023.
[20] K. Kumita, A. Munandar, and A. Shabir, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah [Studi Kasus Di Ruas Jalan Medan–Banda Aceh Kawasan Simpang Adam Batre Bireuen],†J. Rekayasa Tek. dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 78–82, 2022.
[21] A. Prayitno and A. Anggitia, “Pengaruh Aktivitas Perdagangan CSB Mall Terhadap Kinerja Jalan Cipto Mangunkusumo Koridor SMKN 2-SMUK Bpk Penabur Kota Cirebon,†J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 05, pp. 701–716, 2021.
DOI: https://doi.org/10.24967/jts.v1i01.2396
Article Metrics
Abstract view : 1661 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 796 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Keywords
References
[1] BPS Provinsi Lampung, “Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Bandar Lampung 2021,†2022. https://lampung.bps.go.id/indicator/12/569/1/laju-pertumbuhan-penduduk.html.
[2] BPS Provinsi Lampung, “Jumlah Penduduk Kota Bandar Lampung 2021-2022,†Lampung, 2022. [Online]. Available: https://lampung.bps.go.id/indicator/12/45/1/jumlah-penduduk.html.
[3] Z. F. Saraswati and B. F. Gunari, “Analisis Daya Tampung Jaringan Jalan Tidak Sebidang (Studi Kasus: Flyover Teuku Umar, Kota Bandar Lampung),†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21, no. 1, pp. 137–142, 2021.
[4] A. F. Rachman, “Pengaruh Transportasi Kota Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota,†J. Perenc. Wil. Dan Kota, 2015.
[5] R. Sitanggang and E. Saribanon, “Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan di DKI Jakarta,†J. Manaj. Bisnis Transp. Dan Logistik, vol. 4, no. 3, pp. 289–296, 2018.
[6] M. Margareth, P. Franklin, and F. Warouw, “Studi Kemacetan Lalu Lintas Di Pusat Kota Ratahan,†SPASIAL, vol. 2, no. 2, pp. 89–97, 2015.
[7] H. Sukmarini and M. Ridho, “Identifikasi Titik Kemacetan Lalulintas Pada Koridor Jalan Lenteng Agung Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan Dan Penanganannya,†J. Ilm. Plano Krisna, vol. 18, no. 2, pp. 1–15, 2022.
[8] M. Darmalim and N. Solikhah, “Penataan Kembali Area Pasar Muara Karang Dengan Pendekatan Walkable City,†J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 4, no. 2, pp. 2741–2754, 2022.
[9] Bertarina, O. Mahendra, F. Lestari, and D. Safitri, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Raya Za Pagar Alam di Bawah Flyover Kedaton Kota Bandar Lampung),†J. Tek. Sipil ITP, vol. 9, no. 1, pp. 30–36, 2022.
[10] F. H. Jaya and G. Gautama, “Analisa Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Ruas Jalan Urip Sumoharjo – Pulau Morotai Bandar Lampung,†Tek. Sains J. Ilmu Tek., vol. 7, no. 1, pp. 71–80, 2022, doi: 10.24967/teksis.v7i1.1610.
[11] D. H. Sembiring and Darmadi, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan pada Jl. Tegar Beriman–Jl. Raya Bogor Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor,†J. Tek. Sipil-Arsitektur, vol. 19, no. 1, pp. 93–100, 2020.
[12] I. C. Pratama, F. Lestari, and G. Pramita, “Analisis Tundaan Dan Panjang Antrian Di Perlintasan Sebidang Jalan Untung Suropati Dan Jalan Kamboja Kota Bandar Lampung,†J. Tek. Sipil, vol. 4, no. 01, pp. 1–6, 2023.
[13] M. A. U. Hasanudin, J. A. Timboeleng, and J. Longdong, “Analisa Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Empat Tak Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Banjer),†J. Tek. Sipil, vol. 7, no. 11, 2019.
[14] K. G. Najoan, S. Y. R. Rompis, and A. L. E. Rumayar, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Jl. Ahmad Yani–Jl. Wolter Monginsidi–Jl. Bethesda),†TEKNO, vol. 21, no. 84, pp. 493–503, 2023.
[15] B. M. Sectiowaty and A. R. I. Tjahjani, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Kawasan Jalan Ir. H. Juanda-Bekasi,†J. Sain dan Teknol. Tek. UTAMA, vol. 37, no. 1, 2020.
[16] K. Y. Hutama, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Jalan Raya Ciawi–Puncak.(Studi Kasus Tarikan lalu lintas di Pasar Cisarua),†J. Online Mhs. Bid. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, 2018.
[17] M. I. Fazlurrahman and B. H. Susilo, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Ir. H. Juanda–Raya bogor),†Pros. Semin. Intelekt. Muda, no. April, pp. 284–289, 2019.
[18] N. Mahmudah and E. Andriani, “Penentuan Biaya Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal SGM Yogyakarta,†J. Transp., vol. 19, no. 2, pp. 77–86, 2019.
[19] N. N. Handayani, R. Sylviana, and R. H. Rahmanto, “Analisa Dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas Di Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Bekasi Cyber Park),†Akselerasi J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 4, no. 2, 2023.
[20] K. Kumita, A. Munandar, and A. Shabir, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah [Studi Kasus Di Ruas Jalan Medan–Banda Aceh Kawasan Simpang Adam Batre Bireuen],†J. Rekayasa Tek. dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 78–82, 2022.
[21] A. Prayitno and A. Anggitia, “Pengaruh Aktivitas Perdagangan CSB Mall Terhadap Kinerja Jalan Cipto Mangunkusumo Koridor SMKN 2-SMUK Bpk Penabur Kota Cirebon,†J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 05, pp. 701–716, 2021.