IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI INSTITUSI PERBANKAN: DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN REPUTASI PERUSAHAAN DI KOTA BATAM

Justin Joy Karim, Lu Sudirman, Hari Sutra Disemadi

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu program yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dengan memperhatikan jangka panjang. CSR sendiri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal. CSR dinilai dapat meningkatkan citra perusahaan lebih positif dimata masyarakyat yang tentunya meningkatkan reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas dari implementasi CSR di institusi perbankan dampaknya terhadap kepercayaan konsumen dan reputasi perusahaan di Kota Batam. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan perundang-undang dan empiris. Penelitian ini menunjukan bahwa pembuatan CSR dilakukan oleh tim pusat dimana implementasi yang dilakukan oleh bank BCA adalah pendidikan, bisnis, kesehatan, dan lingkungan. Sedangkan, Bank Maybank berfokus pada pendidikan, pemberdayaan masyarakyat, kesehatan, seni dan budaya, dan lingkungan. Juga Bank Permata melalui program Permata Bangkit Cilik melakukan literasi keuangan, serta melakukan enhancement, dan empowerment. Dengan adanya program CSR yang dilakukan oleh Bank BCA, Maybank, dan Permata dapat membuat kepercayaan nasabah meningkat yang mempengaruhi reputasi perusahaan semakin baik di mata masyarakyat. Implementasi CSR efektif terhadap kepercayaan konsumen dan meningkatkan reputasi perusahaan melalui teori efektivitas Soejono Soekanto.

Keywords


Efektivitas Hukum, Perbankan, Kepercayaan Konsumen

References


Adi, Pramono Hari. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Reputasi Perusahaan.†Proceeding of International Conference Sustainable Competitive Advantage 5, no. 1 (2015): 1–11.

Afandi, Aprilian Ahmad, Supaijo, and Nur Wahyu Ningsih. “Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keungan Indonesia Periode 2014-207).†Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah 7 (2017): 1–22.

Afifah, Nur, Sri Wibawani Astuti, and Dwi Irawan. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.†EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 5, no. 3 (September 2021).

Disemadi, Hari Sutra. “Lensa Penelitian Hukum: Esai Deskriptif Tentang Metodologi Penelitian Hukum (Lenses of Legal Research: A Descriptive Essay on Legal Research Methodologies),†no. 2 (2022): 289–304.

———. “Lenses of Legal Research: A Descriptive Essay on Legal Research Methodologies.†Journal of Judicial Review 24, no. 2 (November 30, 2022): 289–304.

Disemadi, Hari Sutra, and Paramita Prananingtyas. “Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Strategi Hukum Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Indonesia.†Jurnal Wawasan Yuridika 4, no. 1 (March 2020): 1.

Ernawan, Erni R. “Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility).†Performa 11, no. 2 (2014): 1–17.

Febriana, Rahma, and Regina Arsjah. “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Risiko Bank, Dan Reputasi Terhadap Kinerja Perbankan.†Ekonomi 4, no. 2 (2024): 1–10.

Haerani, Farida. “Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Rangka Meningkatkan Reputasi Perusahaan(Dalam Kajian Aspek Hukum Bisnis).†Lexlibrum 4, no. 1 (2017): 1–19.

Kamaludin. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Dan Reputasi Perusahaan,†2010.

Kartikawati, Adinda Widi. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Dan Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan High Profile Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2019-2021),†2023.

Al Khafii, Refki, and Nunik Hariyanti. “Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi Strategi Komunikasi Prudential Indonesia Dalam Mengoptimalkan GCG Melalui Program CSR.†Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi 9, no. 3 (2024): 611–624.

Kim, Hanna, and Won Moo Hur. “Corporate Brand Trust as a Mediator in the Relationship Between Consumer Perception of CSR, Corporate Hypocrisy, and Corporate Reputation.†Sustainability (Switzerland) 7, no. 4 (2015): 3683–3694.

Lucyanda, Jurica. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.†JRAK: Jurnal Riset Akutansi & Komputerisasi Akutansi 2, no. 1 (2012): 1–17.

Marnelly, T Romi. “Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia.†Semantic 2, no. 2 (2012): 49–59.

Marthin, Marthen Salinding, and Inggit Akim. “Implementasi Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.†Journal of Private and Commercial Law 1, no. 1 (2017): 1–22.

McInerney, Thomas. “Putting Regulation Before Responsibility: Towards Binding Norms of Corporate Social Responsibility.†Cornell International Law Journal 40, no. 1 (2007).

Nur Fadillah, Intan, Aisah Citra Ayu, Robiatul Adawiyah, and Anis Fadhilah Pramono. “Literature Review: Peran Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Citra Positif Bank Syariah Di Masyarakat.†IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting 4, no. 1 (2023): 1–8.

Pratiwi, Aliah, Nafisah Nurulrahmatia, and Puji Muniarty. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI.†Owner 4, no. 1 (January 2020): 95.

Purwadi, Muhamamd Imam. “Konsep Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perbankan Syariah.†Jatiswara 31, no. 3 (2016): 1–15.

Rahmayanti, Dian Rhesa. “Implementasi Corporate Social Responsibility Dalam Membangun Reputasi Perusahaan.†Jurnal Ilmu Komunikasi 11, no. 1 (2011): 93–104.

Siregar, Budi Gautama. “Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pandangan Islam†14, no. 2 (2015): 1–16.

Sonata, Depri Liber. “Metode Peneitian Hukum Normatif Dan Empiris: Karakteristik Khas Dari Metode Meneliti Hukum.†Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum 8, no. 1 (2014): 15–35.

Sudrajat, Dedi, and Dian Hakip Nurdiansyah. “Peranan Progam CSR Perbankan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakyat Di Kabupaten Karawang.†Manajerial 2, no. Januari (2017): 13.

Sukananda, Satria. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Tentang Pengawasan Dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Ketentuan Corporate Social Responsibility Di Indonesia. Edited by Rentani Nur Briliant and Nisa Falahia. Banyumas: Cv. Pena Persada, 2020.

Sumatriani, Dian Pane, and Nurhasana Kamaruddin. “Peranan Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Pada PT Semen Tonasa.†Journal of Business Administration (JBA) 1, no. 1 (2021): 1–22.

Yuliana, Ana. “Corporate Social Responsibility PT. Bank Kalbar: Pengaruh Apek Sosial, Ekonomi Dan Lingkungan Terhadap Loyalitas Nasabah.†Jurnal Ekonomi STIEP 8, no. 1 (2023): 1–8.




DOI: https://doi.org/10.24967/jaeap.v4i02.3609

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License