ANALISIS HUKUM TERHADAP PROSES KLAIM SANTUNAN ATAS KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS OLEH PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI PADA PT JASA RAHARJA PERSERO)

Satrya Surya Pratama

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis 1) hubungan hukum antara ahli waris/korban dengan PT Jasa Raharja; 2) proses klaim santunan atas korban kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja; dan 3) faktor-faktor apa yang menjadi penghambat atas klaim santunan atas kecelakaan lalu lintas oleh pihak PT Jasa Raharja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif-terapan. Narasumber terdiri dari 1 orang pihak PT Jasa Raharja (persero) dan 2 orang Pasien/Keluarga Pasien. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan hukum antara ahli waris/korban dengan PT Jasa Raharja (Persero) selaku terikat dalam hubungan keperdataan berupa hak dan kewajiban masing-masing pihak. klaim santunan atas korban kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja diajukan oleh korban/ahli waris korban dengan mengisi formulir pengajuan santunan. Dan yang terakhir, Faktor-faktor yang menjadi penghambat atas klaim santunan kecelakaan lalu lintas oleh pihak PT Jasa Raharja adalah pembayaran premi tidak sesuai dengan ketentuan, tertanggung seringkali melakukan keterlambatan dalam melaporkan klaim, keluarga pasien tidak memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dalam pengajuan klaim, pengobatan akibat kecelakaan lalu lintas dilakukan di tempat tradisional dan pihak korban ataupun ahli waris masih banyak yang belum mengetahui kewajibannya dalam pemenuhan surat persyaratan pengajuan dana santunan kecelakaan lalu lintas.

Keywords


Klaim; Korban Kecelakaan Lalu Lintas; Perusahaan Asuransi; Santunan

References


Ardhianata Putra, Irwan Nur, N. Anggraini, A. Mufidah, D. Putro, I. Permatasari, M. Hidayat, R. Kusumaningrum, W. Prasiwi, and A. Suryanto. “Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pada Masyarakat Di Kelurahan Dandangan.” Journal of Community Engagement in Health 1, no. 2 (2018): 21–24.

Badruzaman, Dudi. “Perlindungan Hukum Tertanggung Dalam Pembayaran Klaim Asuransi Jiwa.” YUSTISIA MERDEKA : Jurnal Ilmiah Hukum 5, no. 2 (2019): 74–83.

Hartati, Putri. “Perlindungan Bagi Pekerja / Buruh Pada Dinas Kebakaran Kota Palembang.” Media Ekonomi dan Kewirausahaan 1, no. 2 (2021).

Novita, and Bezaliel. “Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas AsuransiJasa Raharja.” Jurnal Ilmu Hukum Tambun Bungai 5, no. 2 (2020): 843–859.

Ochtavia, Ria, and Fikriah. “Biaya Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) 3, no. 4 (2018): 633–640.

Pemerintah Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang” (1964).

———. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan” (1964).

———. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian” (2014).

Saputra, Abadi Dwi. “Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) Dari Tahun 2007-2016.” Warta Penelitian Perhubungan 29, no. 2 (2017): 179–190.

Sugiyanto, Gito, and Ari Fadli. “Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) Di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.” Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan 19, no. 2 (2017): 128–135.

“Kitab Undang-Undang Hukum Perdata” (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.24967/jaeap.v1i01.1528

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.