PENGARUH PELATIHAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN GUNUNG SUGIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Hendri Gunawan, Refi Aerion

Abstract


Kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) saat ini telah menyebabkan perubahan di berbagai bidang kehidupan. Perubahan ini telah terjadi di seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk di bagian organisasi. Untuk mendukung peran dan fungsi pemerintah daerah sebagai subjek dan objek dari pelayanan dan pembangunan daerah, diperlukan kesiapan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam bidang pengelolaan kepegawaian. Karena pentingnya sumber daya manusia bagi suatu organisasi atau organisasi, manusia adalah aset yang paling penting dan memiliki dampak paling besar terhadap organisasi atau organisasi tersebut dibandingkan dengan sumber daya lainnya. Permasalahan yang dihadapi oleh pegawai di Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah adalah sebagai berikut: pelatihan teknis belum diberikan kepada pegawai di masing-masing bidang pekerjaan, kualitas layanan masih kurang memuaskan masyarakat karena waktu penyelesaian layanan yang lama, dan kinerja pegawai belum optimal dalam menjalankan tugas, fungsi, dan peran mereka dalam pelaksanaan rencana kerja, sehingga pencapaian hasil kerja belum tercapai. Tujuan dari penelitian deskriptif kuantitatif ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel dalam populasi. Penelitian ini melakukannya dengan menggunakan data angka. Digunakan regresi sederhana dan berganda. Studi ini melibatkan 34 orang yang berpartisipasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan, dan pelatihan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan. Pengaruh pelatihan (X1) terhadap kinerja karyawan sebesar 63,2 persen, kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan sebesar 71,1 persen, dan pelatihan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama sebesar 75,1 persen.

Keywords


Pelatihan, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai

References


Ariyanto, & Yusuf, I. (2023). Pengaruh Pengawasan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Kota Metro. Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(4), 433–439. https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i4.2841

Bariqi, M. D. (2024). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 3(1), 300–317. https://doi.org/10.46306/ncabet.v3i1.128

Carmia Diahloka & Achmad Bardjan shaleh. (2013). Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Reformasi, 3(1), 19–24.

Diana, I. N. (2023). Manajemen Kinerja Islami. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2). http://repository.uin-malang.ac.id/13582/1/13582.pdf

Nopra Disti, R. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SEMANGAT KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT. 54–60.

Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127

Setijaningrum, E. (2015). Inovasi pelayanan Publik. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).

SINGAL, J. D. (2008). SISTEM PEMBINAAN KARIER PEGAWAI NEGERI SIPIL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 1999 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1974 TENTANG POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN DALAM KEBIJAKAN PENEMPATAN JABATAN STRUKTURAL DI PROVINSI SULAWESI UTARA.

Sumarsid, A. B. P. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Sutedjo, A. S., & Mangkunegara, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 120. https://doi.org/10.26740/bisma.v5n2.p120-129

Wicaksono, T. (2017). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Upik Futsal Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.31602/atd.v1i2.913

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/maj.v2i1.1408




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i4.4315

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License