PENGARUH FASILITAS LAYANAN, KOMPETENSI PETUGAS DAN SISTEM PELAPORAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNA LAYANAN DINAS P3AP2KB (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA) KABUPATEN PRINGSEWU

Asri Dwijayanti, Ahmad Hudalil, Ahmaludin Ahmaludin

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Observasi menunjukkan bahwa fasilitas dan kompetensi pegawai masih perlu ditingkatkan, dan kekurangan sumber daya manusia menghambat efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh fasilitas layanan, kompetensi petugas, dan sistem pelaporan terhadap kepuasan pengguna layanan Dinas P3AP2KB, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan guna mencapai tujuan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu dari tanggal 10 Juni hingga 10 Juli 2024, dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini yang berjumlah 36 orang, dengan 35 responden sebagai sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi Fasilitas Layanan (X1), Kompetensi Petugas (X2), dan Sistem Pelaporan (X3), sementara variabel terikat adalah Kepuasan Pengguna Layanan (Y). Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan di Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu, dapat disimpulkan bahwa: (1) Fasilitas Layanan berpengaruh sebesar 59,5% terhadap Kepuasan Pengguna Layanan; (2) Kompetensi Petugas berpengaruh sebesar 61,2%; (3) Sistem Pelaporan berpengaruh sebesar 63,9%; dan (4) Fasilitas Layanan dan Kompetensi Petugas secara simultan berpengaruh sebesar 60,5% terhadap Kepuasan Pengguna Layanan

Keywords


Fasilitas Layanan, Kompetensi Petugas, Sistem Pelaporan. Kepuasan Penguna Layanan

References


Altonie, H., Sintani, L., Uda, T., Yunikewaty, Y., Christa, U. R., & Pambelum, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14.

Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa layanan pada kantor samsat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

L., M. (2014). Metode penelitian kualitatif.

L.A Afifah, S. S. dan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, E-System Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18.

Novira, A., Priatna, R., & Pradesa, H. A. (. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Sumedang Tahun 2019. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 3.

Suryani dan Fernanda. (2023). Analisis Penerapan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Dalam Meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Rawat Inap Ciranjang. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 8.




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v3i4.3907

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License