PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) MADYA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Abstrak.
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh lingkungan kerja dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen di KPP Madya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 60 responden. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Konsumen di KPP Madya Bandar Lampung, dengan tingkat pengaruh sebesar 73,3 persen. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di KPP Madya Bandar Lampung dengan tingkat pengaruh sebesar 85,7 persen. Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen di KPP Madya Bandar Lampung, dengan tingkat pengaruh sebesar 86,2 persen
Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Kualitas Pelayanan, Kepuasaan,
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v3i4.3892
Article Metrics
Abstract view : 475 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 218 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Abstrak.
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh lingkungan kerja dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen di KPP Madya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 60 responden. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Konsumen di KPP Madya Bandar Lampung, dengan tingkat pengaruh sebesar 73,3 persen. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di KPP Madya Bandar Lampung dengan tingkat pengaruh sebesar 85,7 persen. Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen di KPP Madya Bandar Lampung, dengan tingkat pengaruh sebesar 86,2 persen
Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Kualitas Pelayanan, Kepuasaan,
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License