PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA MAJELIS HKBP RESORT PANJANG

Krisostomus Doloksaribu, Junaidi Junaidi

Abstract


Majelis HKBP Resort Panjang berperan penting dalam meningkatkan iman dan kesejahteraan umat melalui kegiatan keagamaan, pendidikan, dan pelayanan sosial. Meskipun mereka aktif dalam berbagai program, masih terdapat tantangan dalam disiplin kerja dan kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan untuk mencapai kinerja yang optimal. Data menunjukkan bahwa beberapa target kerja belum tercapai, yang menegaskan perlunya perbaikan di bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh disiplin kerja dan kualitas pelayanan terhadap kinerja Majelis, dengan harapan dapat memberikan rekomendasi yang berguna untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Penelitian ini dilakukan di HKBP Resort Panjang dari Juni hingga Juli 2024 dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yang bertujuan untuk memberikan gambaran sistematis dan akurat tentang karakteristik populasi. Karena jumlah subjek penelitian hanya 35 orang Majelis, semua majelis diambil sebagai objek penelitian, menjadikannya penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas, yaitu Disiplin Kerja (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2), yang mempengaruhi variabel terikat, yaitu Kinerja Majelis (Y). Berdasarkan hasil analisis, Disiplin Kerja (X1) memiliki pengaruh sebesar 51,5% terhadap kinerja majelis di HKBP Resort Panjang, sementara Kualitas Pelayanan (X2) memberikan pengaruh sebesar 39,3%. Secara keseluruhan, kedua faktor ini bersama-sama mempengaruhi kinerja majelis sebesar 52,9%.


Keywords


Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan, Kinerja Majelis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Azhar, I. A., Suprapto, R., & Fuad, N. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Menabung Pada Nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Rogojampi. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.30739/jpsda.v2i1.1943

Baehaki, M. K., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Pelatihan, dan Kepuasan Kerja terhadap Pretasi Kerja Karyawan (Studi Kausal Pada Perusahaan Asuransi PT.A.J Sequislife Jakarta). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.364

Hartono, K., Muktamar, A., Faisal, & Sukena. (2024). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Watallipue Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. PRECISE: Journal of Economic, 3(1), 91–104.

Ikhsan, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Dosen Pada Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Ilmiah Menejemen dan Bisnis, 2(1), 17–35.

Iskandar, G., Budianto, A., & Kusniawati, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pandega Pangandaran. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(2), 31–38. https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i2882

Iyai, A., Sinay, P., Maryen, A., & Clan, E. (2023). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Gereja Bukit Zaitun Malanu Kota Sorong. Journal on Education, 6(1), 8693–8703.

Meithiana, I. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan: Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Indomedia Pustaka.

Moleong, L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.

Patrick N., N., & Godspower O., A. (2022). Building Resilience in Employees; Reinventing the Ideal Administrative Bureaucracy in Public Institutions in Delta State, Nigeria. South Asian Journal of Social Studies and Economics, 13(2), 30–42. https://doi.org/10.9734/sajsse/2022/v13i230353

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Priyadi, A., Widayati, C. C., Perkasa, D. H., Abdullah, M. A. F., & Ekhsan, M. (2024). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Gramedia Mall Central Park. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(3), 781–791. https://doi.org/10.31539/jomb.v6i3.7204

Rozalia, N. A., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pattindo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.

Setiawan, A. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4), 1245–1253.

Situmorang, S. M., & Hermanto, Y. P. (2024). Pola Kepemimpinan Musa: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Gereja Di Era Digital. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 5(1), 15–29. https://doi.org/10.46348/car.v5i1.248

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sumadhinata, Y. E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Non Edukatif Di Salah Satu Universitas Swasta Di Bandung. Seminar Nasional dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA), September, 1–13.

Sutrisno, D. M., Herwanto, D., & Wahyudin, W. (2022). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT XYZ di Karawang. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 8(2), 91–100. https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.19351

Syahputra, M. E., Bahri, S., & Rambe, M. F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tarukim Labura. Jurnal Pamator, 13(1), 110–117. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7017

Wahyuni, S. I., & Lubis, E. F. (2020). Analisis Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Kharisma Dayung Utara Pekanbaru. Jurnal Valuta, 6(1), 55–65.

Widyaningrum, M. E., & Widiana, M. E. (2020). Evaluasi Kinerja: Untuk Meningkatkan Produktifitas Karyawan Perusahaan. Indomedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v3i3.3783

Article Metrics

Abstract view : 552 times
PDF : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License