PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Abstract
Pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan publik yang baik, berkualitas tinggi, dan transparan. Salah satu faktor yang dibutuhkan untuk mendukung peran pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan yang baik adalah ketersediaan sarana prasarana. Ketersediaan sarana dan prasarana sebagai fasilitas yang diberikan menjadi daya tarik bagi masyarakat dan karyawan yang memberikan layanan. Dengan tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung karyawan dalam memberikan layanan, diharapkan bahwa kepuasan masyarakat menunjukkan kualitas layanan yang diberikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan variabel berikut: 1. Pengaruh sarana prasarana terhadap kepuasan konsumen; 2. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen; dan 3. Pengaruh kombinasi sarana prasarana dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Mengidentifikasi hubungan antara variabel populasi adalah tujuan dari penelitian deskriptif kuantitatif ini. Data angka digunakan untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 37 individu. Metode regresi sederhana dan berganda digunakan.
Hasil analisis data menunjukkan hipotesis sebagai berikut: Sarana Prasarana (X1) mempengaruhi Kepuasan Masyarakat (Y) di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 72%; Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dengan tingkat pengaruh sebesar 80,4%; dan keduanya mempengaruhi Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan secara bersamaan
Keywords
Sarana prasarana, Kualitas pelayanan , Kepuasaan masyarakat.
References
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3(2012), 49. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24
Ibrahim, I., Adi Prasetyo, Choirun Niswah, & Zulkipli, Z. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.578
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Latour, B. (2018). Aramis. Aramis, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.1628/978-3-16-156172-6
Lumbantobing, F. (2021). Implementasi Kebijakan Standarisasi Sarana Dan Prasarana Kerja Dalam Rangka Peningkatan Kerja Pimpinan Dewan Di Sekretariat Dprd Tapanuli Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial …, 1, 1–10. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/801%0Ahttp://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/viewFile/801/846
Rasta Oki Hudi Saputri, A. M. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2022. 1(2), 84–106.
Riko Kurniawan, R. A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI RS LAMPUNG EYE CENTER. 07(4).
Sari, D. M. (2015). Partisipasi masyarakat dalam mengembangkan sarana prasarana kawasan desa wisata Borobudur. Modul, 15(2), 133–140.
Sulaiman, S., Sunarsih, S., & Zain, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat. Eksos, 18(2), 105–120. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i2.461
Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v3i2.3769
Article Metrics
Abstract view : 577 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 253 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan publik yang baik, berkualitas tinggi, dan transparan. Salah satu faktor yang dibutuhkan untuk mendukung peran pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan yang baik adalah ketersediaan sarana prasarana. Ketersediaan sarana dan prasarana sebagai fasilitas yang diberikan menjadi daya tarik bagi masyarakat dan karyawan yang memberikan layanan. Dengan tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung karyawan dalam memberikan layanan, diharapkan bahwa kepuasan masyarakat menunjukkan kualitas layanan yang diberikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan variabel berikut: 1. Pengaruh sarana prasarana terhadap kepuasan konsumen; 2. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen; dan 3. Pengaruh kombinasi sarana prasarana dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Mengidentifikasi hubungan antara variabel populasi adalah tujuan dari penelitian deskriptif kuantitatif ini. Data angka digunakan untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 37 individu. Metode regresi sederhana dan berganda digunakan.
Hasil analisis data menunjukkan hipotesis sebagai berikut: Sarana Prasarana (X1) mempengaruhi Kepuasan Masyarakat (Y) di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 72%; Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dengan tingkat pengaruh sebesar 80,4%; dan keduanya mempengaruhi Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan secara bersamaanKeywords
References
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3(2012), 49. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24
Ibrahim, I., Adi Prasetyo, Choirun Niswah, & Zulkipli, Z. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.578
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Latour, B. (2018). Aramis. Aramis, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.1628/978-3-16-156172-6
Lumbantobing, F. (2021). Implementasi Kebijakan Standarisasi Sarana Dan Prasarana Kerja Dalam Rangka Peningkatan Kerja Pimpinan Dewan Di Sekretariat Dprd Tapanuli Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial …, 1, 1–10. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/801%0Ahttp://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/viewFile/801/846
Rasta Oki Hudi Saputri, A. M. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2022. 1(2), 84–106.
Riko Kurniawan, R. A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI RS LAMPUNG EYE CENTER. 07(4).
Sari, D. M. (2015). Partisipasi masyarakat dalam mengembangkan sarana prasarana kawasan desa wisata Borobudur. Modul, 15(2), 133–140.
Sulaiman, S., Sunarsih, S., & Zain, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat. Eksos, 18(2), 105–120. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i2.461
Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License