Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta- fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 34 responden. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Sarana Prasarana (X1) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) di Kesyahbandaran dan 0toritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang, dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 78,9%. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Masyarakat di Kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang dengan tingkat pengaruh sebesar 50,2%. Terdapat pengaruh Sarana dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Masyarakat di Kesyahbandaran dan 0toritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang, dengan tingkat pengaruh sebesar 79%.
Â
Keywords
Sarana prasarana, Kualitas Pelayanan, Kinerja, Regresi
References
Algifari. (2013). Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: AMP YKPN.
Adnyana, R., and Darma, G.S. 2015. Strategi Marketing Mix, Yield Management, Customer Satisfaction and Occupancy Rate, Jurnal Manajemen & Bisnis, 12 (1): 92- 115
Arikunto S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irawan, H. (2008). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Gracia. 2022. Pengaruh Motivasi Dan Sarana prasarana Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Triview Geospatial Mandiri Jakarta Selatan. JIMF Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma Vol 2, No 2 (2019.
Kotler, P. and K. L. K. (2008). Manajemen Pemasaran. Dialihbahasakan oleh: Benyamin Mollan (12th ed.). Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Rafiie, S. A. K. (2017). Manajemen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Umar, H. (2010). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia.
Uyanto, Stanislaus. 2017. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v3i1.3559
Article Metrics
Abstract view : 515 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 232 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta- fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 34 responden. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Sarana Prasarana (X1) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) di Kesyahbandaran dan 0toritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang, dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 78,9%. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Masyarakat di Kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang dengan tingkat pengaruh sebesar 50,2%. Terdapat pengaruh Sarana dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Masyarakat di Kesyahbandaran dan 0toritas Pelabuhan Kelas 1 Panjang, dengan tingkat pengaruh sebesar 79%.
Â
Keywords
References
Algifari. (2013). Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: AMP YKPN.
Adnyana, R., and Darma, G.S. 2015. Strategi Marketing Mix, Yield Management, Customer Satisfaction and Occupancy Rate, Jurnal Manajemen & Bisnis, 12 (1): 92- 115
Arikunto S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irawan, H. (2008). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Gracia. 2022. Pengaruh Motivasi Dan Sarana prasarana Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Triview Geospatial Mandiri Jakarta Selatan. JIMF Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma Vol 2, No 2 (2019.
Kotler, P. and K. L. K. (2008). Manajemen Pemasaran. Dialihbahasakan oleh: Benyamin Mollan (12th ed.). Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Rafiie, S. A. K. (2017). Manajemen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Umar, H. (2010). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia.
Uyanto, Stanislaus. 2017. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License