ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Kasus : Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat)

Veralelys Situmorang, Trisnowati Josiah, Epi Parela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dan profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan kinerja guru PAUD di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, sementara pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa : 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah yang optimal dapat meningkatkan kinerja guru di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. 2) Profesionalisme guru yang optimal dapat meningkatkan kinerja guru di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. 3) peran kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru PAUD di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat secara bersama-sama dalam upaya meningkatkan kinerja guru sehingga tidak dapat berdiri sendiri melainkan bersinergi dalam meningkatkan kinerja guru.


Keywords


Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah; Profesionalisme Guru; Kinerja Guru

References


Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Prenada Media Group.

Donni, J. P. (2017). QWP, Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional. Bandung : Pustaka Setia.

Hainstock, E. G. (1999). Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Josiah, T. (2021). Kerja Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah ( Stes ) Tunas Palapa Lampung Tengah ( Studi berdasarkan Persepsi Mahasiswa STES Tunas Palapa Lampung Tengah ). 7(1), 35–46.

Karwati, E. dan Priansa, D. J. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. alfabeta: Bandung.

Nurussalami, N. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN Tungkop. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 7–19. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.306

Parela, E. (2018). The Influence Of The Working Environment And Principal ’ S Leadership Style On Teacher ’ S Kinerja Guru Smas Bahrul Ulum Mambaiyyah. 4(1), 21–30.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. uru. Bandung : Nuansa Cendekia.

Sudriyah & Liana, L. (2022). moderasi oleh supervisi (studi kasus pada guru SMA Negeri wilayah timur di Kabupaten Pemalang). Manajemen Bisnis, 11(1), 17–28.

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Taryaman, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wagiran, W., Soenarto, S., & Soedarsono, F. (2013). Determinan Kinerja Guru Smk Bidang Keahlian Teknik Mesin. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(1), 148–171. https://doi.org/10.21831/pep.v17i1.1366

Yusnidar. (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Man. XIV(2), 320–349.

Yusutria. (2017). PROFESIONALISME GURU. 2(1), 38–46.

Kembuan, O., Suwaryaningrat, N. D. E., & Liow, M. C. N. (2019). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Permainan Edukatif Bagi Siswa. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 151–155. https://doi.org/10.17509/cd.v10i2.18705




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i2.2183

Article Metrics

Abstract view : 1022 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License