PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN PENDIDIKAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 PESISIR SELATAN
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk melihat pengaruh kompetensi guru dan pendidikan pelatihan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi kepribadian guru (X1) dan pendidikan pelatihan (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 41,8 persen. Terdapat pengaruh pendidikan pelatihan (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 61,9 persen. Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) dan pendidikan pelatihan (X2) secara bersama - sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 72,6 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
Kompetensi Kepribadian Guru; Kinerja Guru; Pendidikan Pelatihan
References
Abas Erjati. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Aulia, N. N., Chaniago, N. S., & Rifa’i, M. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MA Al-Washliyah Marbau. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1(4).
Budiono, A., Surachmi, S., & Setiadi, G. (2022). Implementasi Collaborative Coaching Pada Kinerja Guru SDN Penambuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 45–52.
Dewey, J. (2020). Pemikiran kritis john dewey tentang pendidikan. 1–21.
Fitri, A., Fauziah, A., Damanik, A. S., Yunita, E., Oktapia, D., & Ramadhan, S. (2022). Profesi keguruan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 241–248.
Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316.
Harahap, S. S. (2019). Hubungan usia, tingkat pendidikan, kemampuan bekerja dan masa bekerja terhadap kinerja pegawai dengan menggunakan metode Pearson Correlation. Jurnal Teknovasi, 6(2), 12–26.
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521–527.
Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh diklat kependidikan dan kesejahteraan guru terhadap kualitas guru di sekolah dasar negeri di kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7).
Josiah, T. (2021). KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI EKONOMI SYARIAH ( STES ) TUNAS PALAPA LAMPUNG TENGAH ( Studi berdasarkan Persepsi Mahasiswa STES Tunas Palapa Lampung Tengah ) THE EFFECT OF COMPETENCE , MOTIVATION , AND WORK ENVIRONMENT ON THE PERFORMANCE OF L. 7(1), 35–46.
Mau, M. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 1–15.
Mukhlas Samini. (2016). Mengenal Sertifikasi Guru Di Indonesia. Jakarta, Asosiasi PenelitianPendidikan Indonesia(SIC).
Nada, F. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Kampung Kalisuren Kab. Bogor. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 11(2), 495–509.
Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.
Padila, E., Erawan, E., & Anggraeiny, R. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrasi Negara, 8 (3).
Royani, I., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36–45.
Sabri, A., Tabrani, T., Maspan, M., & Darni, D. (2022). Pengembangan Kompetensi Supervisi Managerial dan Akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12284–12290.
Somantri, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar SMA Negeri Kota Bengkulu. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(1), 23–29.
Zakiah, D. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i1.2163
Article Metrics
Abstract view : 837 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 494 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk melihat pengaruh kompetensi guru dan pendidikan pelatihan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi kepribadian guru (X1) dan pendidikan pelatihan (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 41,8 persen. Terdapat pengaruh pendidikan pelatihan (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 61,9 persen. Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) dan pendidikan pelatihan (X2) secara bersama - sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 72,6 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
References
Abas Erjati. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Aulia, N. N., Chaniago, N. S., & Rifa’i, M. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MA Al-Washliyah Marbau. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1(4).
Budiono, A., Surachmi, S., & Setiadi, G. (2022). Implementasi Collaborative Coaching Pada Kinerja Guru SDN Penambuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 45–52.
Dewey, J. (2020). Pemikiran kritis john dewey tentang pendidikan. 1–21.
Fitri, A., Fauziah, A., Damanik, A. S., Yunita, E., Oktapia, D., & Ramadhan, S. (2022). Profesi keguruan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 241–248.
Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316.
Harahap, S. S. (2019). Hubungan usia, tingkat pendidikan, kemampuan bekerja dan masa bekerja terhadap kinerja pegawai dengan menggunakan metode Pearson Correlation. Jurnal Teknovasi, 6(2), 12–26.
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521–527.
Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh diklat kependidikan dan kesejahteraan guru terhadap kualitas guru di sekolah dasar negeri di kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7).
Josiah, T. (2021). KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI EKONOMI SYARIAH ( STES ) TUNAS PALAPA LAMPUNG TENGAH ( Studi berdasarkan Persepsi Mahasiswa STES Tunas Palapa Lampung Tengah ) THE EFFECT OF COMPETENCE , MOTIVATION , AND WORK ENVIRONMENT ON THE PERFORMANCE OF L. 7(1), 35–46.
Mau, M. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 1–15.
Mukhlas Samini. (2016). Mengenal Sertifikasi Guru Di Indonesia. Jakarta, Asosiasi PenelitianPendidikan Indonesia(SIC).
Nada, F. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Kampung Kalisuren Kab. Bogor. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 11(2), 495–509.
Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.
Padila, E., Erawan, E., & Anggraeiny, R. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrasi Negara, 8 (3).
Royani, I., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36–45.
Sabri, A., Tabrani, T., Maspan, M., & Darni, D. (2022). Pengembangan Kompetensi Supervisi Managerial dan Akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12284–12290.
Somantri, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar SMA Negeri Kota Bengkulu. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(1), 23–29.
Zakiah, D. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License