MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH
Abstract
.daya manusia terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah? (2) Apakah ada pengaruh budaya kerja terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah? (3) Apakah ada pengaruh manajemen sumber daya manusia dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. (2) Ingin mengetahui pengaruh budaya kerja terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. (3) Ingin mengetahui pengaruh manajemen sumber daya manusia dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah .Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan antara manajemen sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. (2) Ada pengaruh signifikan antara budaya kerja terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. (3) Berdasarkan hasil uji F dengan perhitungan SPSS dimana nilai F menunjukan nila 9,806. Oleh karena nilai 9,806 > 2,000, berarti ada pengaruh yang signifikan antara manajemen sumber daya manusia dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Tengah.
Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Budaya Kerja dan Kualitas Pelayanan
References
Ali, Muhammad. 2014. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta
Hasibuan, Malayu SP. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi dan Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Moenir, H.A.S. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Ndraha, Taliziduhu, 2005, Teori Budaya Organisasi, Jakarta: Rineke Cipta
Pasaribu dan Simanjuntak, C, 2015. Menumbuhkan Semangat Kerja Dalam Organisasi. Jakarta: Gunung Agung
Ridwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Soekemi, Sri. 2017, Hubungan Kerja dan Gerakan Buruh, Surabaya: Usaha Nasional
Supriyadi dan Triguno, 2012, Budaya Kerja Organisasi Pemerintah-Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan III, Jakarta: LAN
Supriyati. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Tangkilisan, Nogi Hessel. 2015. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Umar. Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, www.hukumonline.
Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pemoman Pengembangan Budaya Kerja, www.hukumonline
Keputusan Kementerian PAN Nomor 25/ KEP/ M/ PAN/ 4/ 2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara, www.hukumonline
Peraturan Gubernur Lampung Nomor 09 Tahun 2018 tentang Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Propinsi Lampung, www.hukumonline
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i2.1815
Article Metrics
Abstract view : 969 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
References
Ali, Muhammad. 2014. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta
Hasibuan, Malayu SP. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi dan Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Moenir, H.A.S. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Ndraha, Taliziduhu, 2005, Teori Budaya Organisasi, Jakarta: Rineke Cipta
Pasaribu dan Simanjuntak, C, 2015. Menumbuhkan Semangat Kerja Dalam Organisasi. Jakarta: Gunung Agung
Ridwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Soekemi, Sri. 2017, Hubungan Kerja dan Gerakan Buruh, Surabaya: Usaha Nasional
Supriyadi dan Triguno, 2012, Budaya Kerja Organisasi Pemerintah-Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan III, Jakarta: LAN
Supriyati. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Tangkilisan, Nogi Hessel. 2015. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Umar. Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, www.hukumonline.
Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pemoman Pengembangan Budaya Kerja, www.hukumonline
Keputusan Kementerian PAN Nomor 25/ KEP/ M/ PAN/ 4/ 2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara, www.hukumonline
Peraturan Gubernur Lampung Nomor 09 Tahun 2018 tentang Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Propinsi Lampung, www.hukumonline
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License