PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT

Aris Sudiyanto, Juhri Abdul Muin, David Ariswandy

Abstract


Berdasarkan hasil observasi penulis menemukan fenomena bahwa kinerja guru SMP Negeri 12 Krui Kabupaten Pesisir Barat masih belum optimal, yaitu kriteria minimum yang diterapkan masih dirasakan kurang mampu mempresentasikan kualitas hasil belajar, di mana untuk mata pelajaran tertentu seharusnya dapat diterapkan kriteria minimum dengan standar yang lebih tinggi lagi, dalam rangka mempersiapkan lulusan yang berkualitas. Pencapaian kinerja guru yang optimal ini tidak lepas dari pengaruh persoalan kompetensi dan sarana prasarana. Fenomena yang terjadi tentang kompetensi guru pada yaitu kompetensi minimal yang dimiliki guru masih ada yang belum sesuai dengan tuntutan zaman, contohnya penguasaan guru terhadap teknologi komputerisasi. Kondisi faktual tentang sarana prasarana yaitu masih banyak kebutuhan peralatan pendukung berupa komputer yang belum terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah kompetensi guru dan sarana prasarana berpengaruh terhadap kinerja guru. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 25 guru. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan, wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan variabel kompetensi guru secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 45,6%. Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 36,90%. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kompetensi guru dan sarana prasarana secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 49,4%, sedangkan sisanya sebesar 50,6% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: kompetensi guru, sarana prasarana, kinerja guru

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Algifari. 2013. Analisis: Teori dan Kasus Solusi. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Gie, The Liang. 2013. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Handoko, T. Hani, 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi kedua, Cetakan kelima belas. Yogjakarta: BPFE.

Husna, Asmaul. 2019. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Sarana Prasarana, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMAN Di Kota Banda Aceh. Jurnal Repository Universitas Pendidikan Indonesia (2019)

http://repository.upi.edu/35966/.

Muin, Juhri Abdul. 2015. Landasan dan Wawasan Pendidikan. Metro: Lembaga Penelitian UM Metro Press.

Muin, Juhri Abdul. 2017. Profesi Kependidikan. Metro: CV. Laduny Alifatama.

Kunandar, 2012. Guru Profesional:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusmianto. 2017. Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta: Bumi Aksara.

Lubis, Rahmah Putri. 2020. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Repository Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan 2020. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/14895/1/TESIS%20%28RAHMAH%20PUTRI%20LUBIS%29%20Repaired%20NEW.pdf

Maklassa, Dg. Nurbaya, Sitti. 2021. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Sarana dan Prasarana terhadap Kinerja Guru dan Kualitas Pendidikan. YUME Journal of Management Vol 4, No 1 (2021) https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/833.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moenir. 2016. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi.Aksara.

Mulyasa, E. 2014. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Rl Nomor 16 Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Rl Nomor 41 Tahun 2007. Tentang Standar Proses Pendidikan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana Dan Prasarana Kerja Pemerintahan Daerah.

Perdana, Novrian Satria. 2018. Analisa Dampak Capaian Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Juli 2018 : 102-110

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudrajat, Akhmad. 2017. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sunindhia, Y.W. dan Widiyanti, Nini. 2011. Kepemimpinan Dalam Masyarakat Modern. Jakarta : Rineka Cipta.

Suparlan, 2016. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Pers.

Yonny, Acep, dkk. 2011. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Zulkifli, Z. Heriyanto, M. Andri, Seno. 2016. Pengaruh Kompetensi, Disiplin kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Repository Universitas Terbuka (2016) http://repository.ut.ac.id/6853/1/42410




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i1.1627

Article Metrics

Abstract view : 1068 times
PDF (Indonesia) : 867 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License