PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PELAJAR DI BANDAR LAMPUNG DALAM TINJAUAN KRIMINOLOGI

Karisma Oktapiani

Abstract


 

PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PELAJAR DI BANDAR LAMPUNG DALAM TINJAUAN KRIMINOLOGI

(Studi di Binmas Polda Lampung dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung)

 

 

Oleh

KARISMA OKTAPIANI

Dampak dari penyalahgunaan narkotika yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat dapat merusak hubungan kekeluargaan, menurunkan kemampuan belajar dan produktivitas kerja secara drastis, sulit membedakan mana perbuatan baik dan mana perbuatan buruk, perubahan perilaku menjadi perilaku anti sosial (perilaku maladaptive), gangguan kesehatan (fisik dan mental), mempertinggi jumlah kecelakaan lalu lintas, tindak kekerasan, dan kriminalitas lainnya. Permasalahan yang dikemukakan dalam skripsi ini bagaimanakah upaya penanggulangan kejahatan penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar di Bandar Lampung dan faktor apakah yang menyebabkan terjadinya kejahatan penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar di Bandar Lampung.

penulis melakukan penelitian dengan menggunakan jenis primer dan sekunder.proses pengumpulan data digunakan dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan,analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif yakni dilakukannya wawancara terhadap polisi di Binmas Polda Lampung dan Staf Badan Narkotika Nasional Lampung.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Dalam hal penanggulangan penyalahgunaan narkotika di lakukan upaya-upaya pencegahan dan penindakan yang meliputi, upaya Pre-Emtif yang merupakan awal untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkotika. Upaya Preventif ialah uapaya pencegahan sebelum tindak pidana itu terjadi, dan upaya Represif ialah upaya yang dilakukan bertujuan untuk mengobati dan memulihkan kondisi fisik,psikis,mental,moral dan sosial anak. Adapun faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan narkotika dikarenakan rasa ingin coba-coba dan faktor lingkungan.

Berdasarkan pembahasan diatas, maka saran-saran dan masukan yang dapat diberikan oleh penulis adalah perlu kiranya meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar tokoh masyarakat, orang tua maupun para guru dalam menjaga dan mencegah terjadinya penyalahgunaan narkotika dikalangan pelajar.

 

Kata kunci : Narkotika,Pelajar,Kriminologi


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 447 times
Untitled : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.