PERANAN DAN FUNGSI INTEL BRIMOB DALAM MENDEKTEKSI KERUSUHAN MASSA (Studi Kerusuhan Massa di Desa Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

Dwi Apriyanto Wibisono

Abstract


ABSTRAK

 

PERANAN DAN FUNGSI INTEL BRIMOB DALAM MENDEKTEKSI KERUSUHAN MASSA

(Studi Kerusuhan Massa di Desa Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

 

Oleh

 

DWI APRIYANTO WIBISONO

NPM 14.74.201.0131

 

Intelijen Keamanan Polri yang selanjutnya disingkat Intelkam Polri adalah Intelijen yang diimplementasikan dalam penyelenggaraan fungsi kepolisian sebagai salah satu fungsi pemerintahan negara, dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri. Permasalahan dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimanakah peranan dan fungsi hasil deteksi Intelijen Satuan Brimob dalam kerusuhan  massa dan 2. Apakah yang menjadi kendala Intelijen Satuan Brimob dalam melakukan mendekteksi kerusuhan massa?

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan pendekatan normatif dan pendekatan empiris, jenis dan sumber data yang digunakan jenis data skunder dan jenis data primer, teknik pengolahan data dapat dilakukan dengan cara editing data, klasifikasi data dan sistematisasi data, yaitu penempatan data pada tiap pokok  bahasan  secara sistematis hingga memudahkan interpretasi data dengan analisis datanya secara kualitatif.

Hasil penelitian tentang peranan dan fungsi  intel Brimob  dalam mendekteksi kerusuhan massa di padang cermin  dapat diselesaikan dengan jalan musawarah dengan memanggil tokoh-tokoh yang  berkonflik untuk duduk bersama dan menyelesai kan permasalahan yang terjadi. Hal ini dilakukan agar dapat mencari akar permasalahan yang terjadi. Dengan demikian didalam penanganan konflik atau kerusuhan massa dapat diselesaikan dengan  baik dengan mendahului, menyertai dan mengakhiri sedangkan fungsi dari intel Brimob itu sendiri  terdiri dari penyelidikan, pengamanan dan penggalangan. Adapun kendala yang dihadapi intel Brimob dalam melakukan mendekteksi kerusuhan massa salah satu penyebabnya adalah kurangnya kerjasama antar intel dikesatuan Polri itu sendiri dikarenakan adanya perbedaan pimpinan di kesatuan masing masing.

Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya Intel Brimob Polda Lampung di dalam melakasanakan tugasnya diperlengkapi dengan Sumber Daya Manusia yang memadai serta berkompeten dalam melakukan upaya penanggulangan kerusuhan massa.

Kata Kunci Peran dan Fungsi, Mendekteksi, Kerusuhan


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 2420 times
Untitled : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.