PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS

Anggun Hasanah

Abstract


ABSTRAK

 

PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH

KABUPATEN TANGGAMUS

 

 

Oleh

ANGGUN HASANAH

 

 

Sebuah organisasi memiliki berbagai sumber daya yang diperlukan dalam proses pengembangan organisasi tersebut antara lain, finansial, fisik, manusia, teknologi dan sistem. Sumber daya organisasi terpenting yang harus dimiliki oleh instansi pemerintahan dan sangat diperhatikan oleh manajemen adalah sumber daya manusia dari organisasi tersebut.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Budaya kerja kurang baik terlihat dari lambatnya pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan, tingkat ketidakhadiran tinggi, menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai terhadap instansi turun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya kerja terhadap disiplin kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus.

Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden sebanyak 83 orang responden pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Nilai F hitung sebesar 23,217, kemudian nilai F tabel 3,96, ini berarti F hitung > F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Budaya Kerja (X) berpengaruh terhadap Disiplin kerja (Y) pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus. Persamaan regresi antara Budaya Kerja dengan disiplin kerja adalah sebesar Y = 1,887 + 0,511X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Budaya Kerja akan diikuti oleh variabel Disiplin kerja sebesar 0,511 point. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.2231 artinya sebesar 22,31 % variasi perubahan variabel motivasi kerja sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.

 

 

Kata Kunci : Budaya Kerja, Disiplin Kerja

 


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 330 times
Untitled : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.