UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DAN KEMAMPUAN DASAR AKADEMIK BAGI DOSEN
Abstract
Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kemampuan Potensi Akademik bagi Dosen perlu dilakukan guna membantu mempersiapkan dosen yang akan mendapatkan Sertifikat Pendidik. Semakin meningkat jumlah dosen yang mendapatkan sertfikat pendidik akan memberikan dampak yang baik bagi suatu Perguruan Tinggi. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan Proses Pembelajaran yang bermutu. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini menjadi penting dilakukan karena adanya dosen yang tidak dapat memenuhi standar nilai untuk lolos dalam tahapan seleksi setifikasi pendidik.. Kendala yang ditemukan dilapangan adalah rendahnya skor TKDA DAN TKBI yang diperoleh dosen pada saat mengikuti tes, sehingga kalkulasi nilai tidak dapat mencapai standar kelulusan seleksi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan latihan. Ada tiga tahapan yang perlu dilaksanakan dalam pelatihan ini, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan nilai pada saat sebelum diberi materi dan sesudah diberikannya materi pelatihan. Setelah pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai Kemampuan Bahasa Inggris dan juga nilai Kemampuan Dasar Akademik.
Keywords
sertifikasi pendidik; kemampuan bahasa inggris; kemampuan dasar akademik
References
Zainuddin, Muhamad, dkk. 2014. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (Serdos) Terintegrasi: Buku 1 Naskah Akademik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kemdikbud.
Tim Serdos. 2019. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (Serdos) Terintegrasi. Jakarta : Kemenristekdikti
Peraturan Menteri Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Permenristekdikti Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v1i01.733
Article Metrics
Abstract view : 626 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 332 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kemampuan Potensi Akademik bagi Dosen perlu dilakukan guna membantu mempersiapkan dosen yang akan mendapatkan Sertifikat Pendidik. Semakin meningkat jumlah dosen yang mendapatkan sertfikat pendidik akan memberikan dampak yang baik bagi suatu Perguruan Tinggi. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan Proses Pembelajaran yang bermutu. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini menjadi penting dilakukan karena adanya dosen yang tidak dapat memenuhi standar nilai untuk lolos dalam tahapan seleksi setifikasi pendidik.. Kendala yang ditemukan dilapangan adalah rendahnya skor TKDA DAN TKBI yang diperoleh dosen pada saat mengikuti tes, sehingga kalkulasi nilai tidak dapat mencapai standar kelulusan seleksi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan latihan. Ada tiga tahapan yang perlu dilaksanakan dalam pelatihan ini, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan nilai pada saat sebelum diberi materi dan sesudah diberikannya materi pelatihan. Setelah pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai Kemampuan Bahasa Inggris dan juga nilai Kemampuan Dasar Akademik.
Keywords
References
Zainuddin, Muhamad, dkk. 2014. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (Serdos) Terintegrasi: Buku 1 Naskah Akademik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kemdikbud.
Tim Serdos. 2019. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (Serdos) Terintegrasi. Jakarta : Kemenristekdikti
Peraturan Menteri Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Permenristekdikti Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
![](/public/site/images/admin/list jams.jpg)
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/admin/list jams.jpg)