TATA KELOLA DAN ADMINISTRASI BUMDES

Maristiana Ayu, Niar Azriya, Komang Tri Windari, Nuzleha Nuzleha

Abstract


BUMDes dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal desa, meningkatkan kondisi perekonomian dan Pendapatan Asli Desa (PAD), meningkatkan upaya pengolahan potensi desa (sumber daya manusia dan sumber daya alam) sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa serta difungsikan untuk menjadi tulang punggung pemerataan dan pertumbuhan ekonomi desa. Masyarakat di Pekon Wates Timur telah memiliki BUMDes dengan kegiatan usaha desa adalah ternak kambing  dan bentuk usaha simpan pinjam, dalam kegiatannya masih ada terkendala dalam pengelolaan administrasi keuangannya dalam hal ini pengelolaan usaha simpan pinjam yang belum terkoordinir dengan baik. Informasi Penentuan sisa nilai piutang dari kegiatan simpan pinjam ini masih kurang transparansi sehingga perlu adanya pengelola keuangan yang lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan adminstrasi keuangan tersebut. Pengetahuan tentang pengelolaan administrasi keuangan BumDes perlu ditingkatkan, mengingat SDM yang belum memahami bagaimana pembukuan dengan benar sehingga gambaran transparansi dalam pelaporan belum tergambar dengan jelas. Sumber Daya Manusia yang digunakan hendaknya ditempatkan tenaga yang lebih focus dan memahami technologi  dalam membuat laporan keuangan BUMDes.


Keywords


Tata Kelola; Administrasi; BUMDes; Akuntansi BUMDes

References


Dione, trans.2018. Tata kelola dan Administrasi BumDes. IPDN-KEMENDAGRI.

Kusuma,Tedi. 2018. Pembentukan dan Pengelolaan BumDes (Badan Usaha Milik Desa) Karya Mandiri Sejati.Digilib.Unila.ac.id.

Sidik, Fajar. 2015. Menggali Potensi Lokal Mewujudkan Kemandirian Desa. Jurnal Kebijakan dan Adminsitrasi Publik Vol. 19 No. 2-P-ISSN 0852-9213,e- ISSN 2477-4693.

_________.2017. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKDSP) FE- Univ. Brawijaya Malang. Pimpinan Pusat Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara (PP- RPN). https://relawandesa.files.wordpress.com/




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v1i01.730

Article Metrics

Abstract view : 1751 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 976 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License