PKM Pelatihan Parental Control Smart Gawai, Pendampingan, dan Sosialisasi Pemanfaatan Flipbook Matematika bagi Wali Murid di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital orang tua melalui pelatihan penggunaan parental control dan pemanfaatan buku teks digital interaktif matematika guna mendukung pembelajaran anak di rumah. Program ini dilaksanakan di SDIT Fitrah Insani Langkapura, Bandar Lampung, dengan melibatkan guru kelas 1, anggota komite, dan orang tua siswa. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan guru dalam penggunaan aplikasi Quizizz dan ClassDojo, pelatihan orang tua dalam penggunaan Google Family Link dan Parental control, serta sosialisasi penggunaan Flipbook matematika. Data dikumpulkan melalui observasi, survei, dan validasi ahli. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 89 persen orang tua telah menguasai penggunaan aplikasi parental control, guru berhasil mengembangkan kuis interaktif yang terintegrasi dalam Flipbook, dan 97 persen orang tua memahami cara menggunakan buku teks digital untuk membantu anak belajar di rumah. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan parental control dan integrasi buku teks interaktif mampu meningkatkan literasi digital orang tua serta keterampilan mengajar guru, mendorong penggunaan ponsel pintar secara lebih positif, dan memperkuat kolaborasi antara sekolah dan orang tua. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menawarkan model praktik bagi penerapan digital parenting dan media pembelajaran interaktif yang dapat menginspirasi penerapan lebih luas dalam dunia.
Keywords
Literasi Digital; Pengendalian Orang Tua; Buku Teks Interaktif; Quizizz; Flipbook
References
Aubryla, H., Ratnawati, V., & Krisphianti, Y. D. (2025). Studi Kasus Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MTS. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 149–155.
Ginting, J. O., Sastra, A., Sembiring, G. D. B., & Prayuda, M. S. (2025). Analisis Dampak Penggunaan Gedget terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, Dan Metode, 216–222.
Hanafi, A. (2020). Kecenderungan anak bermain gawai hubungannya dengan motivasi dan prestasi belajar. EduBase: Journal of Basic Education, 1(1), 23–39.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2025). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Dikdas) per Kota Bandar Lampung. https://referensi.data.kemendikdasmen.go.id/pendidikan/dikdas/126000/2/jf/5/all
Krisdiawan, R. A., Sugiharto, T., Nura’isyah, N., Yanti, P. P., & Sutarbi, T. (2024). Pelatihan Penggunaan Google Family Link Sebagai Tools Parenting Orangtua Cerdas di Era Milenial. Abdimas Galuh, 6(1), 435–443.
Matlan, S. J., & Maat, S. M. (2021). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alternatif penilaian formatif dalam pengajaran dan pembelajaran Matematik. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(4), 217–227.
Maulidi, A., & Soktumansyah, A. M. (2024). Pemanfaatan Gawai sebagai Sumber Literasi Membaca Peserta didik di Sekolah Menengah Atas. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(1), 90–100.
Nilapancuran, M., Ruspanah, N., Ratuhanrasa, J., Siahaya, C., & Kolatlena, E. P. (2025). Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital dan Peran Orang Tua dalam Menghadapi Tantangannya. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 880–893.
Ningsih, W., Ahyar, A., & Agustinasari, A. (2025). Pengembangan e-Learning dengan Metode Flipped Classroom Berbasis Classdojo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran TIK. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 68–74.
Novalia, N., Hasanah, S. U., Rahmawati, F., Isnaini, N., & Pramudita, R. (2024). Pendampingan, Evaluasi dan Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Digital Matematika Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDIT Fitrah Insani Langkapura. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2680–2693.
Novalia, N., Pujiati, A., Pradana, K. C., & Rahmawati, F. (2025). Pelatihan Manajemen Referensi Berbasis Teknologi untuk Mendukung Penulisan Buku Ajar yang Efektif dan Efisien dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 6(01), 11–19.
Pertiwi, M. S., Sanubari, T. P. E., & Putra, K. P. (2018). Gambaran perilaku penggunaan gawai dan kesehatan mata pada anak usia 10-12 tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(1).
Pradana, K. C., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2025). ‘MATHUB’: Development and Usability Evaluation of an Interactive App for Learning Number Patterns in Middle School. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 5(01), 13–23.
Purba, T. G., Nurdiana, A., & Rahmawati, F. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 7(1), 47–60.
Rawung, J. Y., & Timbuleng, N. M. (2023). Handphone Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Fakultas Teologi Unversitas Kristen Indonesia Tomohon. Educatio Christi, 4(2), 194–205.
Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). Digital dan pengantar sinematografi: Buku ajar yang bercerita. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 232–246.
Sridevi, H. (2025). Strategi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 49–60.
Wahyudi, R. (2020). Kontrol sosial orang tua terhadap dampak penggunaan smartphone pada anak remaja di Mangkupalas Kecamatan Samarinda Seberang. Ejournal Sosiatri-Sosiologi, 8(1), 231–244.
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v6i02.4550
Article Metrics
Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Aubryla, H., Ratnawati, V., & Krisphianti, Y. D. (2025). Studi Kasus Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MTS. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 149–155.
Ginting, J. O., Sastra, A., Sembiring, G. D. B., & Prayuda, M. S. (2025). Analisis Dampak Penggunaan Gedget terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, Dan Metode, 216–222.
Hanafi, A. (2020). Kecenderungan anak bermain gawai hubungannya dengan motivasi dan prestasi belajar. EduBase: Journal of Basic Education, 1(1), 23–39.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2025). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Dikdas) per Kota Bandar Lampung. https://referensi.data.kemendikdasmen.go.id/pendidikan/dikdas/126000/2/jf/5/all
Krisdiawan, R. A., Sugiharto, T., Nura’isyah, N., Yanti, P. P., & Sutarbi, T. (2024). Pelatihan Penggunaan Google Family Link Sebagai Tools Parenting Orangtua Cerdas di Era Milenial. Abdimas Galuh, 6(1), 435–443.
Matlan, S. J., & Maat, S. M. (2021). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alternatif penilaian formatif dalam pengajaran dan pembelajaran Matematik. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(4), 217–227.
Maulidi, A., & Soktumansyah, A. M. (2024). Pemanfaatan Gawai sebagai Sumber Literasi Membaca Peserta didik di Sekolah Menengah Atas. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(1), 90–100.
Nilapancuran, M., Ruspanah, N., Ratuhanrasa, J., Siahaya, C., & Kolatlena, E. P. (2025). Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital dan Peran Orang Tua dalam Menghadapi Tantangannya. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 880–893.
Ningsih, W., Ahyar, A., & Agustinasari, A. (2025). Pengembangan e-Learning dengan Metode Flipped Classroom Berbasis Classdojo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran TIK. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 68–74.
Novalia, N., Hasanah, S. U., Rahmawati, F., Isnaini, N., & Pramudita, R. (2024). Pendampingan, Evaluasi dan Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Digital Matematika Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDIT Fitrah Insani Langkapura. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2680–2693.
Novalia, N., Pujiati, A., Pradana, K. C., & Rahmawati, F. (2025). Pelatihan Manajemen Referensi Berbasis Teknologi untuk Mendukung Penulisan Buku Ajar yang Efektif dan Efisien dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 6(01), 11–19.
Pertiwi, M. S., Sanubari, T. P. E., & Putra, K. P. (2018). Gambaran perilaku penggunaan gawai dan kesehatan mata pada anak usia 10-12 tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(1).
Pradana, K. C., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2025). ‘MATHUB’: Development and Usability Evaluation of an Interactive App for Learning Number Patterns in Middle School. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 5(01), 13–23.
Purba, T. G., Nurdiana, A., & Rahmawati, F. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 7(1), 47–60.
Rawung, J. Y., & Timbuleng, N. M. (2023). Handphone Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Fakultas Teologi Unversitas Kristen Indonesia Tomohon. Educatio Christi, 4(2), 194–205.
Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). Digital dan pengantar sinematografi: Buku ajar yang bercerita. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 232–246.
Sridevi, H. (2025). Strategi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 49–60.
Wahyudi, R. (2020). Kontrol sosial orang tua terhadap dampak penggunaan smartphone pada anak remaja di Mangkupalas Kecamatan Samarinda Seberang. Ejournal Sosiatri-Sosiologi, 8(1), 231–244.


JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License









Fitriana Rahmawati, Siti Zahra Bulantika, Novalia Novalia, Zeni Harisa, Ryan Pratama