Pendampingan dalam Peningkatan Kualitas Pengolahan Kopi Bubuk dan Pemasaran Berbasis Digital Marketing pada Agroindustri Kopi Jajang di Kabupaten Tanggamus

Ratna Kumala Sari, Meilinda Safitri, Muh Thohirin, Ledy Famulia, Jihan Amelia, Adinda Nabita Larasati

Abstract


Kopi Jajang yang merupakan mitra pengabdian masyarakat berdiri sejak tahun 2019 tepatnya di Dusun Sinarjaya Desa Gunungsari Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Kopi Jajang merupatan industri rumah tangga pengolahan biji kopi menjadi kopi bubuk siap saji. Pada awalnya, kopi jajang terinspirasi pada kebiasaan masyarakat sekitar yang masih melakukan sangrai kopi secara tradisional. Permasalahan pada Agroindisutri Kopi Jajang dikategorikan menjadi 2 poin utama, yaitu pada bidang produksi dan biang pemasaran. Permasalahan pertama pada bidang produksi terletak pada kualitas bubuk kopi yang dihasilkan, karena biji kopi diolah masih berasal dari biji kopi yang campuran. Permasalahan kedua yaitu pada bidang pemasaran yang dilakukan masih dengan kemasan seadanya dan masih menggunakan cara tradisional. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan nilai tambah produksi kopi Jajang dan memperluas pasar hingga ke tahap nasional. Pelaksanaan Program PKM dilakukan selama 8 bulan, yaitu dari bulan April-November 2025. Untuk menjawab dua permasalahan tersebut, maka dilakukan kegiatan pengabdian yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu 1) persiapan, yaitu mengkoordinasikan kegiatan yang dilakukan versama mitra; 2) pelaksanaan, yaitu melakukan pengadaan mesin sortasi kopi dan pendampingan pendaftaran merk kopi bubuk Jajang (pada bidang produksi) serta melakukan pendampingan dalam pengemasan kopi bubuk yang menarik dan pelatihan digital marketing (pada bidang pemasaran); serta 3) evaluasi dan pelaporan, yakni tim melakukan evaluasi terhadap seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di lokasi mitra serta mengakomodir dan menginventarisir beberapa hal yang masih perlu tindak lanjut.

Keywords


Agroindustri; Kopi Jajang; Produksi; Digital Marketing

References


Afriani, S., Irwanto, T., & Sari, D. R. (2023). Peranan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kopi Bubuk Pada SMKN 1 Agribisnis Dangau Datuk Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(1), 71–76.

Basri, M. (2024). Pengaruh Kemitraan Terhadap Risiko Produksi dan Pendapatan Usahatani Kopi Robusta di Provinsi Lampung. IPB University.

Efdison, Z., Lova, A. N., & Hamdani, D. (2023). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Pengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kopi Nur. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4), 671–682.

Irfani, M. I. M., & Siswanto, S. (2024). Peningkatan Pemasaran UMKM Kopi melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 159–170.

Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Promosi Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 123–133.

Rohman, M., Tjiptady, B. C., Choirina, P., Asshidiqi, F. K., im Humam, M. N., & Chanda, M. R. (2023). Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi Melalui Penerapan Mesin Sortir Otomatis Untuk Meningkatkan Produksi Pasca Panen. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(02), 82–90.

Sari, T. O. (2025). Implementasi Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Live Shopping Platform Social Commerce Tiktok pada UMKM Aromaterapi Natureline. Universitas Islam Indonesia.

Setiastuti, D., & Noerfitri, N. (2024). Frekuensi Konsumsi Kopi Instan Sebagai Determinan Indeks Massa Tubuh Mahasiswa Kesehatan. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES", 15(1), 167–170.

Widiyani, D. P., & Hartono, J. S. S. (2021). Studi eksplorasi agroklimat tanaman kopi robusta (Coffea canephora) Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jurnal Agrinika: Jurnal Agroteknologi Dan Agribisnis, 5(1), 20–29.

Yusuf, M. F. M., Garusu, I. A., Hamid, A., Rauf, D. M., & Sari, I. M. (2024). Dampak Penutupan TikTok Shop Terhadap Pengguna dan Pelaku Bisnis Dalam E-Commerce: Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v6i02.4468

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License