Pelatihan Manajemen Referensi Berbasis Teknologi untuk Mendukung Penulisan Buku Ajar yang Efektif dan Efisien dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Novalia Novalia, Ani Pujiati, Kenny Candra Pradana, Fitriana Rahmawati

Abstract


Penerapan Kurikulum Merdeka di SD IT Fitrah Insani Langkapura menghadapi tantangan dalam pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Mayoritas guru belum terbiasa menyusun buku ajar secara mandiri dan mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam penulisan referensi yang valid. Untuk mengatasi permasalahan ini, LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Referensi Berbasis Teknologi untuk Mendukung Penulisan Buku Ajar yang Efektif dan Efisien. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan dan pendampingan penggunaan perangkat lunak Publish or Perish untuk pencarian referensi serta Mendeley untuk manajemen sitasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun buku ajar yang sistematis serta berbasis referensi akademik. Pernyataan ini dibuktikan dari peningkatan rata-rata skor peserta dari 52,4 menjadi 82,8, yang mencerminkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan menggunakan Publish or Perish, Mendeley, serta penulisan buku ajar. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan menjadi langkah awal dalam pengembangan bahan ajar digital berbasis Kurikulum Merdeka.

Keywords


Buku Ajar; Kurikulum Merdeka; Manajemen Referensi; Mendeley; Publish or Perish

References


Aminah, A. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Sunnah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Bina Pribadi Islami Pada Peserta Didik di SD Islam Terpadu Fitrah Insani Langkapura. UIN Raden Intan Lampung.

Ayudia, I., & Prasetya, C. (2023). Analisis kebutuhan media digital pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59.

Bariah, S. H., & Sidik, S. M. (2019). Penerapan konten e-learning berbasis scorm untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 1–10.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Della, S. P., Rahmawati, E. Y., Luthfiyah, R. Z., Habiba, R. N., & Nafisa, S. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Makanan Tradisional Kerak Telor Sebagai Media Belajar Matematika Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 1361–1369.

Hahury, J. J., Sari, H. F. A., Salis, M. R., & Nusi, A. (2024). Tingkat Kemampuan Mahasiswa Dalam Penulisan Referensi Pada Proposal Penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 8(2), 22–30.

Ihsan, M., Muharyati, S., & Zaitun, Z. (2025). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Pengengembangan dan Implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 62–69.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2322–2336.

Lilianti, L., Adam, A., Nurzaima, N., & Mujiati, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis PowerPoint untuk Guru PAUD. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 4(2), 22–30.

Novalia, N., Hasanah, S. U., Rahmawati, F., Isnaini, N., & Pramudita, R. (2024). Pendampingan, Evaluasi dan Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Digital Matematika Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDIT Fitrah Insani Langkapura. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2680–2693.

Nuryanti, N. E., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Analisis kesulitan guru dalam pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Paud Agapedia, 7(2), 176–183.

Oktavianie, M. A., Irwandi, D., & Murniati, D. (2018). Pengembangan buku pengayaan kimia berbasis kontekstual pada konsep elektrokimia. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 197–206.

Purtina, A., Zannah, F., & Syarif, A. (2024). Inovasi pendidikan melalui P5: Menguatkan karakter siswa dalam kurikulum Merdeka. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 147–152.

Rahim, A., & Ismaya, B. (2023). Pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka belajar: tantangan dan peluang. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 88–96.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Wahyudiono, A. (2023). Perkembangan kurikulum merdeka belajar dalam tantangan era society 5.0. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 124–131.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39–49.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v6i01.3943

Article Metrics

Abstract view : 472 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License