PELATIHAN PEMBUATAN TEMPE DAN PENGENALAN DIGITAL MARKETING DI DESA FAJAR BARU, KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN

Syara Purnama Sari, Maria Elina, Bustami Zainudin, Syifa Nur Fadhillah, Ramot Pardamean

Abstract


Tempe merupakan makanan dengan kandungan gizi tinggi dan harga yang terjangkau, serta dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Nilai gizi dan nilai ekonomis tempe yang lebih tinggi daripada kedelai. Nilai ekonomis tempe dapat ditingkatkan lagi dengan mengolah tempe menjadi produk olahan lainnya. Oleh karena itu, produk olahan tempe berpotensi sebagai peluang usaha. Proses pembuatan tempe cukup mudah dilakukan dan hanya memerlukan peralatan yang sederhana. Selain itu, permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemanfaatan digital marketing dalam proses pemasaran. Sehingga diperlukan pengenalan digital marketing yang bermanfaat untuk mengedarkan informasi secara online tentang penggunaan atau konsumsi produk agar dapat meraih perhatian konsumen sehingga menciptakan profit. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam membuat tempe dan produk olahannya kepada para peserta yang sebagian besar berprofesi sebagai ibu rumah tangga, serta memberikan pemahaman mengenai digital marketing. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis, 20 Juli 2023, yang berlokasi di desa Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Hasil pengabdian ini, beberapa peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias dan penuh semangat dan mempertimbangkan untuk memulai usaha agar memperoleh penghasilan tambahan. Selain itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan digital marketing ini memembuat peserta mempunyai keterampilan penggunaan dan optimalisasi produk teknologi informasi seperti mampu membuat akun Instagram dan WA bisnis.

Keywords


Digital Marketing; Ibu Rumah Tangga; Produk Olahan Tempe; Produk Teknologi Informasi

References


P. W. Arnold, P. Nainggolan, and D. Damanik, “Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari,†J. Ekuilnomi, vol. 2, no. 1, pp. 29–39, 2020.

D. H. Maskar, K. Anwar, I. N. Prasetyo, I. Kusumawati, and M. Ridha, “Studi Kasus: Perspektif Generasi Muda Terhadap Tempe Melalui Sosial Media,†Binawan Student J., vol. 4, no. 3, pp. 56–63, 2022.

T. Maryati, H. Rimiyati, and N. F. Jannah, “Pendampingan Pengabdian Masyarakat Ukm Tempe,†WEBINAR ABDIMAS 3 - 2020 Inov., no. 2013, pp. 68–75, 2020.

H. Hairun, S. Suslinawati, and A. Zuraida, “Analisis Usaha Pembuatan Tempe (Studi Kasus pada Usaha Pembuatan Tempe ‘Bapak Joko Sarwono’) di Kelurahan Binuang Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin,†AL ULUM J. SAINS DAN Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 44–51, 2016.

D. Puspita Dewi, K. Astriana, D. Arthyka Palifiana, and D. Erfanda, “Pembuatan Olahan Tempe Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan,†Pengabdi. Univ. Respati Yogyakarta Vol. 1 No. 1, vol. 1, no. 1, pp. 113–117, 2022.

S. Pratikwo, A. Fauziyah, and Y. Penyami, “Pemberdayaan Produktivitas Masyarakat Dalam Akselerasi Pembentukan Kawasan Wisata Edukasi Tempe Hiegenis Dan Inovatif Sebagai Pengembangan Makanan Lokal Di Wilayah Binaan Kelurahan Kuripan Kertoharjo,†J. Lintas Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, 2022.

L. Pinasti, Z. Nugraheni, and B. Wiboworini, “Potensi tempe sebagai pangan fungsional dalam meningkatkan kadar hemoglobin remaja penderita anemia,†AcTion Aceh Nutr. J., vol. 5, no. 1, pp. 19–26, 2020.

M. Sugata, J. Lucy, D. Rosa, A. Samantha, A. I. Susanti, and R. Pinontoan, “Pelatihan Pembuatan Tempe Dan Produk Olahannya Di Kelurahan Bencongan Kabupaten Tangerang,†Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy, vol. 5, no. 1, pp. 164–170, 2022.

N. Nurhayati, “Pemberdayaan dan Pengembangan Industri Kecil MenengahPabrik Tempe, Tahu, dan Oncom,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. Vol. 3 Nomor 2, Sept. 2021, Hal. 150 – 159., vol. 3, no. 2, pp. 150–159, 2021.

F. P. Khansa, S. Nurjanah, D. A. Iskandar, and A. Uswatunkasanah, “Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Pemasaran Digital di Paguyuban Pusaka Berkarya Karawang,†BERDAYA J. Pendidik. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 95–102, 2022.

N. Hidayati, P. T. Pungkasanti, and N. Wakhidah, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang,†Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 119–124, 2020.

S. Riyanto, M. N. L. Azis, and A. R. Putera, “Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun,†J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy. Vol. 5 No. 1 Februari 2022 Hal. 137-142, vol. 5, no. 1, pp. 137–142, 2022, doi: 10.31294/jabdimas.v5i1.11534.

G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran,†J. Pengabdi. Masy. Manag. VOL. 1. NO. 2 AGUSTUS 2020 HAL88-92, vol. 1, no. 2, pp. 88–92, 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.

F. M. Valenthine, S. Suwandi, and A. K. R. A. Prawita, “Pengembangan Perencanaan Umkm Produksi Tempe (Home Industri) Saat Covid-19 Di Desa Gunung Sulah,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 2, pp. 155–122, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i2.1361.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v4i02.2589

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License