PENDAMPINGAN UMKM KOPI AROMA GS MELALUI PEMBUATAN LOGO, STIKER KEMASAN, DAN BANNER DALAM UPAYA MENINGKATKAN INOVASI PRODUK

Betty Magdalena, Anggawidia Wibaselppa, Fenti Febriani

Abstract


Inovasi dapat diciptakan dengan melakukan berbagai hal seperti melakukan riset hingga menggali ide yang kreatif. Hadirnya inovasi tentu memiliki manfaat bagi masyarakat luas, sebab sebuah inovasi akan memberikan dampak yang positif. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Kopi Aroma GS dalam pembuatan desain logo, stiker kemasan, dan banner sebagai upaya meningkatkan inovasi produk. Kegiatan ini dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan, mulai dari bulan Agustus hingga September 2023 di Desa Gunung Sari, Kecamatan Way Khilau, Pesawaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahap seperti: 1) survey dan izin pengabdian 2) proses pembuatan kopi kemasan; 3) pendampingan pembuatan logo UMKM; 4) monitoring dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan telah berhasil dilaksanakan dengan terciptanya logo, stiker kemasan, banner usaha untuk UMKM Kopi Aroma GS. Suksesnya kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu membantu pemilik “UMKM Kopi Aroma GS†dalam mempermudah warga dan masyarakat luas untuk mengetahui produk kopi kemasan Khas Desa Gunung Sari, Kecamatan Way Khilau, Pesawaran yaitu Kopi Aroma GS.

Keywords


Inovasi Produk; Logo; Stiker Kemasan; Banner Usaha; UMKM Kopi Aroma GS

References


A. Mazidah and N. Laily, “Pengaruh knowledge sharing terhadap perilaku inovatif dan kinerja karyawan,†J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 9, no. 2, 2020.

F. A. Alatas and W. Swasty, “Perancangan Identitas Visual Kawasan Agrowisata Belimbing Dewa Kota Depok,†in eProceedings of Art & Design, 2020, vol. 7, no. 1.

Ms. S. Abrar Muslim et al., “Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi 4.0 Industri,†Semin. Nas. Multidisiplin Ilmu, Vol.2 No.1 Tahun 2019, vol. 2, pp. 507–513, 2019.

Suparjo and N. L. P. Hariastuti, “Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk UKM Produk Tempe Di Kapasjaya,†J. Pengabdi. LPPM Untag Surabaya Sept. 2017, Vol. 02, No. 03, hal 1 – 9, vol. 2, no. 3, pp. 1–9, 2017.

S. Riyanto, M. N. L. Azis, and A. R. Putera, “Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun,†J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy. Vol. 5 No. 1 Februari 2022 Hal. 137-142, vol. 5, no. 1, pp. 137–142, 2022, doi: 10.31294/jabdimas.v5i1.11534.

N. K. T. Dewi, I. M. C. Mandira, P. S. A. J. Kusuma, and G. C. Wijaya, “Pembuatan Design Logo Dalam Penunjangan Umkm ‘Entil’ Makanan Khas Desa Penatahan,†Abdimas Galuh, vol. 5, no. 1, p. 617, 2023, doi: 10.25157/ag.v5i1.9973.

G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran,†J. Pengabdi. Masy. Manag. VOL. 1. NO. 2 AGUSTUS 2020 HAL88-92, vol. 1, no. 2, pp. 88–92, 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.

N. Rahmi et al., “Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM,†J. Pengabdi. Aceh, Vol. 1, Nomor 2, Juni 2021, Hal. 64–70, vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2021.

A. D. Permana, R. F. J. Riansyah, T. Nadia, and K. F. Kurnia, “Pembuatan Stiker dan Video Promosi Untuk UMKM di Kelurahan Pinang Jaya Kecamatan Kemiling,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 3, no. 01, pp. 56–62, 2022.

P. Choirina et al., “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran dan Ketahanan Pangan Untuk Produk UMKM Pada Kopi Mbah Bongso di Dusun Babadan,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 4, no. 01, pp. 52–62, 2023.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v4i02.2541

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 74 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License