PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DAN KETAHANAN PANGAN UNTUK PRODUK UMKM PADA KOPI MBAH BONGSO DI DUSUN BABADAN

Priska Choirina, Urnika Mudhifatul Jannah, Farid Wahyudi, Mojibur Rohman, Bella Cornelia Tjiptady, Moh Fajar Alfan Rezaky, Ahmad Mukhlis

Abstract


Bidang usaha kopi merupakan salah satu sumber pendapatan devisa negara dan sumber penghidupan bagi masyarakat di berbagai daerah salah satunya di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum.  Saat ini produk Kopi Mbah Bongso memiliki permasalahan utama terkait tingkat jangkauan pemasaran produk kopi mereka yang dinilai masih rendah, karena UMKM tersebut hanya mengandalkan pemasaran dari rumah ke rumah. luas. Peningkatan sebuah pendapatan hasil penjualan memerlukan sebuah strategi yang baik agar produk semakin dikenal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat akan memeberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pemasaran produk secara digital, sehingga pihak Kopi Mbah Bongso mampu memasarkan produknya semakin luas. Terdapat 3 tahapan dalam kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Beberapa evaluasi yang dilakukan yaitu pemahaman digital marketing, pentingnya kegiatan pemasaran digital, dan kemampuan dalam mengoperasikan sosial media. Dari hasil evaluasi tersebut, kegiatan pengabdian ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan mitra UMKM Kopi Mbah Bongso.

Keywords


Kopi Mbah Bongso; Pelatihan Digital; Penjualan Online

References


[1] K. Perindustrian, “Peluang Usaha Ikm Kopi,†Jakarta: Direktorat Jenderal Industri Kecil Dan Menengah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 2017.

[2] M. R. Alfachry, “Analisis Daya Saing Usahatani Kopi Rakyat Robusta (Coffea Canephora) Di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor,†2020. Accessed: Feb. 18, 2023. [Online]. Available: Http://Repository.Ipb.Ac.Id/Handle/123456789/105035

[3] A. Mahmudan, “Meracik Wanginya Potensi Kopi Asli Indonesia,†Dataindonesia.Id, Jun. 11, 2022. Https://Dataindonesia.Id/Sektor-Riil/Detail/Meracik-Wanginya-Potensi-Kopi-Asli-Indonesia (Accessed Feb. 18, 2023).

[4] S. Hidayat, Y. Satria, And N. Laila, “Penerapan Model Hidroponik Sebagai Upaya Penghematan Lahan Tanam Di Desa Babadan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang,†Jurnal Graha Pengabdian, Vol. 2, No. 2, Art. No. 2, Apr. 2020, Doi: 10.17977/Um078v2i22020p141-148.

[5] O. Meirezaldi, S. Sulasmiyati, A. N. L. I. Fahrudi, And N. F. Nuzula, “Pelatihan Peningkatan Kualitas Kopi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang,†Journal Of Applied Community Engagement, Vol. 2, No. 1, Art. No. 1, Jun. 2022, Doi: 10.52158/Jace.V2i1.318.

[6] R. R. Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,†Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 10, No. 1, Art. No. 1, Aug. 2019, Doi: 10.32670/Coopetition.V10i1.25.

[7] R. N. Kusumasari And A. Afrilia, “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandumg Dalam Meningkatkan Penjualan,†1, Vol. 2, No. 1, Art. No. 1, Mar. 2020, Doi: 10.51977/Sainsm.V2i1.209.

[8] P. Choirina, B. C. Tjiptady, A. F. Fadliana, M. Rohman, F. Wahyudi, And P. P. Darajat, “Peningkatan Marketing Umkm Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang,†I-Com: Indonesian Community Journal, Vol. 2, No. 1, Pp. 8–16, Apr. 2022, Doi: 10.33379/Icom.V2i1.1195.

[9] N. P. Nainggolan And I. U. Sari, “Pembinaan Dan Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Home Industri Masyarakat Tanjung Gundap,†Jurnal Abdimas Bina Bangsa, Vol. 1, No. 2, Pp. 267–275, Dec. 2020, Doi: 10.46306/Jabb.V1i2.31.

[10] N. Azizah, E. R. Wahyudi, K. Nissa, A. F. Wahyudi, And S. K. Ummah, “Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (Dms) Darah Biru,†Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i1.2675.

[11] R. N. Ramadhanty and K. Fikriyah, “Determinan Keputusan Pembelian Jilbab Melalui Online Shop,†Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 2, pp. 40–55, Jul. 2020, doi: 10.26740/jekobi.v3n2.p40-55.

[12] K. Ngibad, N. Sembilu, and K. Ula, “Pelatihan Dan Pendampingan Dalam Pemasaran Produk Sirup Markisa Melalui Internet Marketing | Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,†May 03, 2021. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/AJPKM/article/view/690 (accessed Feb. 26, 2023).

[13] R. C. Megananda, M. Ifadah, N. Sunayya, and A. Harfina, “Pengenalan dan Pelatihan Digital Marketing Pupuk Organik Cair pada Ibu PKK Dusun Semen,†Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2023, doi: 10.31294/jabdimas.v6i1.12919.

[14] M. N. Jama, R. K. Sari, S. P. Utama, and S. Sholehuddin, “Pengaruh Pemasaran Daring Terhadap Minat Pembelian Keripik Tempe Sanan,†Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, vol. 10, no. 2, pp. 363–370, 2022.

[15] H. Hidayat, N. A. Mahbubah, and C. Chusain, “Pelatihan Digital marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus: Produk Kopi dan Temulawak),†IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, vol. 1, no. 1, pp. 14–19, 2021.

[16] M. R. Mahaputra, “Relationship Word Of Mouth, Advertising And Product Quality To Brand Awareness,†Dinasti International Journal of Digital Business Management, vol. 2, no. 6, pp. 1099–1108, Nov. 2021, doi: 10.31933/dijdbm.v2i6.1331.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v4i01.2301

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License