PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN DASAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK DESA TEGAL BINANGUN MELALUI PELAKSANAAN PENGADAAN BELAJAR TAMBAHAN DI LUAR SEKOLAH
Abstract
Pentingnya penguasaan Bahasa Asing bagi setiap peserta didik merupakan hal yang perlu diperhatikan, baik oleh para tenaga pendidik maupun peserta didik itu sendiri. Hal ini mengingat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang menuntut para individu untuk dapat menguasai keterampilan Bahasa Asing. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran dasar Bahasa Inggris kepada anak-anak Desa Tegal Binangun, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus guna meningkatkan kemampuan Bahasa Asing mereka melalui pengadaan belajar tambahan di luar sekolah. Pendekatan Service Learning digunakan dalam kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan. Kegiatan ini ditujukan kepada anak-anak yang duduk di kelas IV, V, VI Sekolah Dasar. Pada akhirnya, kegiatan ini mendapat sambutan baik dari anak-anak Desa tegal Binangun. Hal ini terlihat dari antuasiasme dan motivasi mereka dalam proses belajar. Selain itu, kegiatan ini memberikan hasil yang diharapkan, yaitu meningkatnya kemampuan dan pemahaman anak-anak Desa Tegal Binangun.
Keywords
Anak-anak desa; Bahasa Inggris; Belajar Tambahan; Pengetahuan dan Pemahaman Dasar
References
[1] A. Aminuddin and K. Kamaliah, “Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer,†Al-Aulia J. Pendidik. dan Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 8, no. 1, pp. 56–64, 2022, doi: 10.46963/aulia.v8i1.540.
[2] Z. Najah and L. M. Lindasari, “Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi,†Ensiklopedia J. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Saburai, vol. 2, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.24967/ esp.v2i01.1522.
[3] E. Sukardi, G. Jennifer, and V. C. Kwang, “Pemenuhan Hak Asasi Manusia dalam Dinamika Perubahan Kebijakan Pendidikan Anak dan Teknologi Selama Pandemi Covid-19,†J. Penegakan Huk. dan Keadilan, vol. 3, no. 1, pp. 17–36, 2022, doi: 10.18196/jphk.v3i1.12427.
[4] M. Baharu et al., “Buku Saku Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Menanamkan Minat Belajarsiswa Dalam Berhitung Di Sdn 020 Rw 02 Kelurahan Sei Langkai Math Learning Tutorial Assistance By Using Monopoli Pocket As a Media To Promote Students ’ Learning Interest At Sdn 020,†Minda Baharu, vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2018.
[5] D. E. Pamungkas and S. Sukarman, “Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19,†J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. Dan Has. Penelit., vol. 6, no. 3, pp. 211–219, 2020.
[6] A. Amini, S. Syamsuyurnita, and H. Hasnidar, “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan,†Kumpul. Penelit. Dan Pengabdi. Dosen, vol. 1, no. 1, 2018.
[7] I. Anugraheni, “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter kreatif di sekolah dasar,†Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, 2018.
[8] P. Jannati, F. A. Ramadhan, and M. A. Rohimawan, “Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar,†Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 1, pp. 330–345, 2023.
[9] S. F. N. Fitri, “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1617–1620, 2021.
[10] M. Bambang and A. Agustin, “Workshop Online Pembelajaran Bahasa Inggris: Strategi Belajar Grammar Dan Structure Bagi EFL,†J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 22–27, 2022.
[11] F. Fathurrahman and R. O. Putri Dewi, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan,†J. Reforma, vol. 8, no. 1, p. 178, 2019, doi: 10.30736/rfma.v8i1.141.
[12] A. F. Tamrin and Y. Yanti, “Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap,†Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 15, no. 2, pp. 61–72, 2019.
[13] C. S. D. Kusuma, “Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran,†J. Efisiensi-Kajian Ilmu Adm. Ed. Agustus, vol. 15, no. 2, pp. 43–50, 2018.
[14] V. Aulia, “Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di Jenjang SD Sederajat untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris,†BRILIANT J. Ris. dan Konseptual, vol. 4, no. 3, pp. 359–378, 2019.
[15] B. Mandasari et al., “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi Sma/Ma/Smk Di Desa Purworejo Lampung Tengah,†Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 332–338, 2022.
[16] S. Sujarwo and A. Akhiruddin, “Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa,†J. Pengabdi. Pada Masy. MEMBANGUN NEGERI, vol. 4, no. 2, pp. 55–65, 2020.
[17] K. M. D. Pasaribu et al., “Bimbingan Belajar Gratis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris Dan Ekonomi Di Sma Perguruan Advent Pekanbaru,†J. Abdimas Mutiara, vol. 3, no. 1, pp. 400–405, 2022.
[18] K. C. Pradana, A. Fadilla, and A. R. Putra, “Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika,†J. Community Serv. Sci. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2022, doi: 10.36055/jocse.v1i1.16090.
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v3i02.2292
Article Metrics
Abstract view : 729 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 336 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Pentingnya penguasaan Bahasa Asing bagi setiap peserta didik merupakan hal yang perlu diperhatikan, baik oleh para tenaga pendidik maupun peserta didik itu sendiri. Hal ini mengingat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang menuntut para individu untuk dapat menguasai keterampilan Bahasa Asing. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran dasar Bahasa Inggris kepada anak-anak Desa Tegal Binangun, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus guna meningkatkan kemampuan Bahasa Asing mereka melalui pengadaan belajar tambahan di luar sekolah. Pendekatan Service Learning digunakan dalam kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan. Kegiatan ini ditujukan kepada anak-anak yang duduk di kelas IV, V, VI Sekolah Dasar. Pada akhirnya, kegiatan ini mendapat sambutan baik dari anak-anak Desa tegal Binangun. Hal ini terlihat dari antuasiasme dan motivasi mereka dalam proses belajar. Selain itu, kegiatan ini memberikan hasil yang diharapkan, yaitu meningkatnya kemampuan dan pemahaman anak-anak Desa Tegal Binangun.
Keywords
References
[1] A. Aminuddin and K. Kamaliah, “Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer,†Al-Aulia J. Pendidik. dan Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 8, no. 1, pp. 56–64, 2022, doi: 10.46963/aulia.v8i1.540.
[2] Z. Najah and L. M. Lindasari, “Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi,†Ensiklopedia J. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Saburai, vol. 2, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.24967/ esp.v2i01.1522.
[3] E. Sukardi, G. Jennifer, and V. C. Kwang, “Pemenuhan Hak Asasi Manusia dalam Dinamika Perubahan Kebijakan Pendidikan Anak dan Teknologi Selama Pandemi Covid-19,†J. Penegakan Huk. dan Keadilan, vol. 3, no. 1, pp. 17–36, 2022, doi: 10.18196/jphk.v3i1.12427.
[4] M. Baharu et al., “Buku Saku Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Menanamkan Minat Belajarsiswa Dalam Berhitung Di Sdn 020 Rw 02 Kelurahan Sei Langkai Math Learning Tutorial Assistance By Using Monopoli Pocket As a Media To Promote Students ’ Learning Interest At Sdn 020,†Minda Baharu, vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2018.
[5] D. E. Pamungkas and S. Sukarman, “Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19,†J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. Dan Has. Penelit., vol. 6, no. 3, pp. 211–219, 2020.
[6] A. Amini, S. Syamsuyurnita, and H. Hasnidar, “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan,†Kumpul. Penelit. Dan Pengabdi. Dosen, vol. 1, no. 1, 2018.
[7] I. Anugraheni, “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter kreatif di sekolah dasar,†Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, 2018.
[8] P. Jannati, F. A. Ramadhan, and M. A. Rohimawan, “Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar,†Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 1, pp. 330–345, 2023.
[9] S. F. N. Fitri, “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1617–1620, 2021.
[10] M. Bambang and A. Agustin, “Workshop Online Pembelajaran Bahasa Inggris: Strategi Belajar Grammar Dan Structure Bagi EFL,†J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 22–27, 2022.
[11] F. Fathurrahman and R. O. Putri Dewi, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan,†J. Reforma, vol. 8, no. 1, p. 178, 2019, doi: 10.30736/rfma.v8i1.141.
[12] A. F. Tamrin and Y. Yanti, “Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap,†Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 15, no. 2, pp. 61–72, 2019.
[13] C. S. D. Kusuma, “Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran,†J. Efisiensi-Kajian Ilmu Adm. Ed. Agustus, vol. 15, no. 2, pp. 43–50, 2018.
[14] V. Aulia, “Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di Jenjang SD Sederajat untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris,†BRILIANT J. Ris. dan Konseptual, vol. 4, no. 3, pp. 359–378, 2019.
[15] B. Mandasari et al., “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi Sma/Ma/Smk Di Desa Purworejo Lampung Tengah,†Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 332–338, 2022.
[16] S. Sujarwo and A. Akhiruddin, “Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa,†J. Pengabdi. Pada Masy. MEMBANGUN NEGERI, vol. 4, no. 2, pp. 55–65, 2020.
[17] K. M. D. Pasaribu et al., “Bimbingan Belajar Gratis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris Dan Ekonomi Di Sma Perguruan Advent Pekanbaru,†J. Abdimas Mutiara, vol. 3, no. 1, pp. 400–405, 2022.
[18] K. C. Pradana, A. Fadilla, and A. R. Putra, “Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika,†J. Community Serv. Sci. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2022, doi: 10.36055/jocse.v1i1.16090.

JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
