LITERASI DIGITAL BAGI PENDIDIK INDONESIA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI

Ketut Queena Fredlina, Komang Tri Werthi, Hesti Widi Astuti, Epi Parela, David Ariswandy

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 dan pesatnya teknologi telah mengubah cara masyarakat beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kebutuhan masyarakat semakin mempertegas wawasan terhadap teknologi. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan harus dipandang sebagai salah satu cara untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan dalam era ini. Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan fondasi utama yang harus dimiliki. Pada pembelajaran jarak jauh, guru maupun orang tua perlu memiliki satu pemahaman literasi digital. Kejadian seperti ini menuntut peserta didik dan juga tenaga pendidik harus belajar dan melakukan pembelajaran secara online atau daring atau jarak jauh tetapi dengan ketercapaian dan tujuan pendidikan yang tetap berkualitas dan bermutu. Dalam pendidikan di era ini, para peserta didik lebih mudah beradaptasi dengan blended learning. Posisi media dalam blended learning bukan tujuan, tapi sebagai cara mencapai tujuan. Sebagai upaya mencari solusi pembelajaran yang ideal di era new normal, kami mengadakan pelatihan daring mengenai Literasi Digital Bagi Para Pendidik Indonesia dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi.


Keywords


Metode Pembelajaran; New Normal; Teknologi

References


M. Syazali, U. Iqoh, V. Febiola Mufty, and R. Yasinta, “Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and series algebraic material : The influences on numerical skills Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and,†J. Phys. Conf. Ser., 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012104.

R. Maskur et al., “The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013,†Eur. J. Educ. Res., vol. 9, no. 1, 2020, doi: 10.12973/eu-jer.9.1.375.

M. F. Akbar and F. D. Anggraeni, “Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi,†Indig. J. Ilm. Psikol., vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2017, doi: 10.23917/indigenous.v1i1.4458.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,†SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

E. Hermawan, I. G. A. N. T. Jayantika, and N. K. L. Andari, “Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual dalam Bentuk Diktat Kartun Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Mengontrol Kemampuan Numerik Siswa,†J. EMASAINS, vol. VIII, no. 1, pp. 122–130, 2019.

A. Pane and M. Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran,†FITRAHJurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 3, no. 2, p. 333, 2017, doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

I. W. C. Sujana, “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia,†Adi Widya J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, p. 29, 2019, doi: 10.25078/aw.v4i1.927.

S. Hartini and E. Susilowati, “Media Pembelajaran Fisika Sma Berbasis E-Learning Di Kabupaten Tanah Laut Sebagai Upaya Melatihkan Literasi Digital,†Pro Sejah., vol. 1, pp. 20–24, 2019.

I. Kurnianingsih, R. Rosini, and N. Ismayati, “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., vol. 3, no. 1, p. 61, 2017, doi: 10.22146/jpkm.25370.

R. Ibrahim, M. B. Sukriyansah, S. N. Sheilawati, F. A. Taufik, Q. A. Fajrianti, and L. Fitriani, “Peningkatan Pengetahuan Tentang Covid-19 dan Literasi Digital Masyarakat Kelurahan Jayawaras Garut,†J. PkM MIFTEK, vol. 1, no. 2, pp. 143–150, 2020.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1359

Article Metrics

Abstract view : 3067 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License