PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SISWA MELALUI BIMBEL BAHASA INGGRIS GRATIS SAAT PANDEMI COVID-19

Adelina Anum, Novalia Novalia, Ahiruddin Ahiruddin, Trisnowati Josiah

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, serta bangsa dan negara. Memasuki tahun 2021 Indonesia masih dalam masa pandemi covid-19. Virus ini telah menyebar hampir keseluruh penjuru Indonesia yang tentunya memberi berbagai macam dampak bagi masyarakat. Salah satu sektor yang terkena dampak dari virus ini adalah sektor pendidikan sehingga kegiatan belajar yang awalnya dilaksanakan secara luring menjadi pembelajaran daring. Bebrapa siswa dan orang tua mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, sehingga pentingnya memunculkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan bimbingan belajar gratis pada mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya bagi siswa SD, SMP dan SMA dilingkungan RT.005 kelurahan Gunung Terang. Metode yang digunakan adalah teknik survey terlebih dahulu ke Kelurahan Gunung Terang, kemudian dilakukan perekrutan peserta bimbingan belajar gratis yang akan menjadi sasaran.. Didapatkan jumlah peserta yang berminat mengikuti kegiatan ini terdiri dari 13 siswa. Hasil dari pengabdian ini adalah kegiatan bimbingan belajar gratis bahasa inggris dan secara keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan lancar dan memberikan efek yang cukup baik bagi para siswa dilingkungan kelurahan Gunung Terang khususnya di RT 005.


Keywords


Bimbingan Belajar; Kualitas Pendidikan; Pandemi Covid-19

References


R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,†SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

A. Widiansyah, “Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan,†Manaj. Sist. Pendidikan. Cakrawala, vol. 18, no. 2, pp. 229–234, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala.

I. W. C. Sujana, “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia,†Adi Widya J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, p. 29, 2019, doi: 10.25078/aw.v4i1.927.

R. Maskur et al., “The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013,†Eur. J. Educ. Res., vol. 9, no. 1, pp. 375–383, 2020, doi: 10.12973/eu-jer.9.1.375.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,†EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., 2020.

M. Syazali, U. Iqoh, V. F. Mufty, and Y. Rahmawati, “Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and series algebraic material: The influences on numerical skills,†IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1796, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012104.

N. A. P. Lestari, “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal,†J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 5, no. 1, p. 72, 2019, doi: 10.29407/jpdn.v5i1.12845.

R. El Fiah and A. P. Purbaya, “Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016,†KONSELI J. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 2, pp. 161–174, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1246

Article Metrics

Abstract view : 1711 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1013 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License