PEMBERDAYAAN GURU PAUD DALAM PENGENALAN LITERASI BAHASA ASING MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI BERBASIS NILAI-NILAI ASWAJA SE-LAMPUNG TENGAH

MAI ZUNIATI, Leli Fertiliana Dea, Eka Prasetyawati

Abstract


Kegiatan  PKM  pemberdayaan  guru PAUD dalam  pengenalan literasi  bahasa  asing menggunakan metode bernyanyi berbasis nilai-nilai aswaja se-lampung tengah, dilatar belakangi oleh beberapa hasil temuan yang menunjukan masih lemahnya penguasaan kebahasaan guru-guru yang mengenal bahasa asing secara baik. Selanjutnya minat mereka terhadap hal tersebut sebagai salah satu materi ajar dalam meningkatkan kemampuan akademik siswa berbanding terbalik dengan latar belakang mereka yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Hal   diataslah   yang   mengarahkan   tujuan   pendampingan   ini   bermuara,   dimana pengenalan literasi bahasa asing (Inggris dan Arab) perlu dilakukan dengan beberapa langkah pengabdian disisipkan atas tujuan tertentu. Sebut saja metode bernyanyi dan muatan islam ahlusunnah wal jama’ah. Metode bernyanyi dipakai sebagai salah satu aktifitas vital yang banyak dipakai dan disukai oleh guru dan siswa, sedangkan muatan aswaja an-nahdliyah dipilih sebagai landasan penting, mendasar dan urgent untuk diberikan sedini mungkin dalam mencetak generasi bangsa modern yang moderat. Metode ABCD (Aset Community Based Development) dipilih melalui langkah-langkah Discovery (menemukan), Dream (impian),   Design (merancang), Define (menemukan) dan Destiny (melakukan). Melalui metode ini, penemuan aset dan potensi mengarahkan pada pengadaan kegiatan berupa seminar dan pelatihan sampai menghasilkan produk berupa buku kumpulan lirik dan video yang telah di unggah di situs berbagi video youtube.


Keywords


PAUD; Literasi; Bahasa Asing

References


Ruhaena Lisnawati, “Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah,†JURNAL PSIKOLOGI UGM VOL. 42, NO. 1 (April 2015): 47, https://doi.org/10.22146/jpsi.6942.

Susan B Neuman, “Promoting Language and Literacy Development for Early Childhood Educators: A Mixed-Methods Study of Coursework and Coaching,†The University of Michigan, no. SREE Conference Abstract Template (2010): 1.

Ilari et.al, “Singing and Cultural Understanding: A Music Education Perspective,†International Journal of Music Education 31 (2) (13 Juni 2017): 203, https://doi.org/10.1177/0255761413487281.

Zuliati Rohmah, “Incorporating Islamic Messages in the English Teaching in the Indonesian Context,†nternational J. Soc. Sci. & Education Vol. 2 Issue 2, (2012): 162.

Anita Ahsanah, “Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini Di Tk Satya Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah†(Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2018).

Eruin Endaryanta, “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di SD Kristen Kalam Kudus Dan SD Muhammadiyah Suronatan†(UNY, 2017).

Candice Boyd, “Harnessing the social capital of rural communities for youth mental health: An asset-based community development framework,†Australian Journal Rural Health 16, no. Social Capital And Youth Mental Health (15 April 2008): 191, https://doi.org/10.1111/j.1440-1584.2008.00996.x.

Assoc. Prof., Department of Educational Science, Faculty of Education, Yuzuncu Yil University, Turkey, hasanmemduhoglu@gmail.com dkk., “The Effect of Focus Group Discussions on Pre-Service Teachers’ Teaching Experiences and Practices: A Mixed Methods Study,†International Journal of Instruction 10, no. 4 (25 Oktober 2017): 273–92, https://doi.org/10.12973/iji.2017.10416a.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v1i02.1039

Article Metrics

Abstract view : 513 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License