Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Semangat Kerja : Pengaruh Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Pringsewu)

Aries Kartikarini Handayani, Nur'aeni Nur'aeni, Selamat Selamat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sumber daya manusia terhadap iknerja pegawai, adakah pengaruh semangat kerja terhadap kinerja pegawai, serta adakah pengaruh antara sumber daya manusia dan semangat kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Pringsewu. Populasi pada penelitian ini berjumlah 35 orang pegawai di Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pringsewu. Sampel pada penelitan ini berjumlah 34 orang pegawai. Metode penelitian pada penelitian ini ada deskriptif kuantitatif. Alat analisis pada penelitian ini adalah uji validitas, realibilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji t digunakan untuk mencari hipotesis dari kualitas sumber daya manusia dan semangat kerja terhadap kinerja pegawai. Kemudian kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas sumber daya manusia (X1) terhadap kinerja pegawai (Y). Serta, terdapat pengaruh antara semangat kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y). Kemudian terdapat pengaruh kualitas sumber daya manusia (X1) dan semangat kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu.

Keywords


Kualitas sumber daya manusia; Semangat kerja; Kinerja Pegawai

References


Arifin, A. I., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Tata Ruang Kantor, Lingkungan Kerja dan Prestasi Kerja Terhadap Semangat Kerja Tenaga Kependidikan di SMKS Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 54–59.

Hendra, H. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 1–12.

KANDOU, R., PRATIKNJO, M. H., & AREROS, W. (2019). Kinerja Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dalam Pengembangan Pariwisata Di Minahasa Utara. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 5(67).

Karwanto, K., & Ramadhan, R. (2020). Membangun iklim organisasi sekolah melalui peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 285–297.

Liana, W. (2019). Usaha meningkatkan efisiensi sumber daya manusia pada kinerja karyawan PT Indosat Tbk Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 124–129.

Man, S. (2020). Analisis Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Akuntanika, 6(1), 38–45.

Nasution, D. A. D. (2019). Pengaruh Remunerasi Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kejaksaan Negeri Medan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(1), 71–80.

Romdonih, F. (2019). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Terhadap Industri Pariwisata Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Serengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(3), 374–394.

Septiadi, M. D., Marnisah, L., & Handayani, S. (2020). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT Brawijaya Utama Palembang. JASMARK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran Dan Keuangan, 1(1), 1–8.

Setiawan, A. (2018). Pengaruh promosi jabatan dan lingkungan kerja terhadap semangat kerja pegawai di lingkungan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 8(2), 191–203.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v2i1.1886

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.