Lingkungan Sekolah Dan Kepuasan Kerja : Pengaruhnya Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru (Studi Kasus : MTs Negeri 1 Lampung Barat)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) guru, adakah pengaruh kepuasan kerja guru terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) guru, dan seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) guru pada MTs Negeri 1 Lampung Barat. Metode penelitian pada penelitian ini ada deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di MTs Negeri 1 Lampung Barat yang berjumlah 42 orang. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu 42 orang. Alat analisis pada penelitian ini adalah uji validitas, realibilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji t digunakan untuk mencari hipotesis dari lingungan sekolah dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) guru. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh lingkungan sekolah (X1) terhadap Organizational Citizenship Behaviuor (OCB) Guru (Y), terdapat pengaruh antara kepuasan kerja (X2) terhadap Organizational Citizenship Behaviuor (OCB) Guru (Y). Kemudian terdapat pengaruh lingkungan sekolah (X1) dan kepuasan kerja (X2) secara bersama-sama terhadap Organizational Citizenship Behaviuor (OCB) Guru (Y) di MTs Negeri 1 Lampung Barat.
Keywords
Lingkungan Sekolah; Kepuasan Kerja; Organizational Citizenship Behaviuor (OCB) Guru
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.
Charmiati, P., & Surya, I. B. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3).
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159.
Endayani, T., & Armanisah, A. (2022). Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di Mis Nurul Falah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).
Fadri, F., Saam, Z., & Suarman, S. (2021). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Pada Smp Di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(1), 1–13.
Fiftyana, B. S., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior (ocb) pada guru sekolah dasar (sd) negeri di kecamatan banyumanik kota semarang. Jurnal Empati, 7(1), 397–405.
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77.
HAN, W. P., & SIREGAR, A. D. E. R. A. Y. U. (2019). Analisis Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Karyawan di Sekolah EN Mandarin–Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2).
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.
Ilmih, A. A. (2019). Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di UKM Snak Makroni Cap Bintang Desa Mutih Wetan, Kabupaten Demak. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 17–29.
Iskandar, K., & Anam, S. (2018). Kampung Pendidikan dan Upaya Mensukseskan Program Wajib Belajar 12 Tahun. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(1), 50–80.
Maisyanah, M., Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 15–30.
Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409.
Nabawi, R. (2020). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183.
Nadhiroh, U. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderating Pada Koperta Langgeng Mulyo Ngancar Kediri. Develop, 3(1), 61–77.
Nugroho, P. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Non Formal “Satu Atap” Al Hidayah Juranggunting Argomulyo Kota Salatiga. QUALITY, 7(1).
Sihombing, S., & Sitanggang, D. (2019). Organizational Citizenship Behavior Ditinjau Dari Kepuasan Kerja. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 191–208.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
Zuhaena, F., Sumantri, E., & Nirmala, N. (2022). Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada UMKM Kabupaten Banyumas. Majalah Imiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 58–66.
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v2i1.1885
Article Metrics
Abstract view : 181 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 173 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.
Charmiati, P., & Surya, I. B. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3).
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159.
Endayani, T., & Armanisah, A. (2022). Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di Mis Nurul Falah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).
Fadri, F., Saam, Z., & Suarman, S. (2021). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Pada Smp Di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(1), 1–13.
Fiftyana, B. S., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior (ocb) pada guru sekolah dasar (sd) negeri di kecamatan banyumanik kota semarang. Jurnal Empati, 7(1), 397–405.
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77.
HAN, W. P., & SIREGAR, A. D. E. R. A. Y. U. (2019). Analisis Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Karyawan di Sekolah EN Mandarin–Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2).
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.
Ilmih, A. A. (2019). Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di UKM Snak Makroni Cap Bintang Desa Mutih Wetan, Kabupaten Demak. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 17–29.
Iskandar, K., & Anam, S. (2018). Kampung Pendidikan dan Upaya Mensukseskan Program Wajib Belajar 12 Tahun. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(1), 50–80.
Maisyanah, M., Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 15–30.
Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409.
Nabawi, R. (2020). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183.
Nadhiroh, U. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderating Pada Koperta Langgeng Mulyo Ngancar Kediri. Develop, 3(1), 61–77.
Nugroho, P. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Non Formal “Satu Atap” Al Hidayah Juranggunting Argomulyo Kota Salatiga. QUALITY, 7(1).
Sihombing, S., & Sitanggang, D. (2019). Organizational Citizenship Behavior Ditinjau Dari Kepuasan Kerja. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 191–208.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
Zuhaena, F., Sumantri, E., & Nirmala, N. (2022). Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada UMKM Kabupaten Banyumas. Majalah Imiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 58–66.