Determinan Iklim Kerja Dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah)

Sri Mulyati, Idham Kholid, Ruhban Masykur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kerja terhadap kinerja, pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja, dan pengaruh iklim kerja dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMA Neger 1 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan Kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif iklim kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah, terdapat pengaruh positif sarana prasarana terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah dan secara simultan menunjukan bahwa iklim kerja dan sarana prasarana secarabersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah, dengan besarnya pengaruh 87,4 persen, sedangkan 12,6 persen dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Keywords


Iklim Kerja; Sarana prasarana; Kinerja Guru

References


Agus Tulus. Moh.2012.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Anggi Angrainy, Happy Fitria, Yessi Fitiani, Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru , Journal of Education Research: Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020

Barnawi dan Arifin. M.2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Eril Obeit Choiri.2020. https://qwords.com/blog/faktor-yang paling- mempengaruhi-kinerja-karyawan/,21 juli 2020.

Fuad Nurhattati. 2016. Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik,Oemar, 2002,Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamsah, Hamsah (2019) Pengaruh Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Magister (S2) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Imam Ghozali,2011.Aplikasi Multi Variate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang. Badan Penerbit Undip.

Jonathan Sarwono,2012.Metode Riset Skripsi: Pendekatan Kuantitatif (menggunakan Prosedur SPSS).Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kadir,2019.Statistika Terapan.Depok.Raja Grafindo Persada.

LT Saputra - 2020 - Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Pekanbaru repository.uin- suska.ac.id

Mangkunegara Prabu Anwar.2015.Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

M Marliya, H Fitria, N Nurkhalis - Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat- Journal of Education Research, 2020 - jer.or.id

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Matin, Nurhatati Fuad.2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Prayoga Manggala.2020.Menjadi Pribadi Tegas BerwibawaSetiap Saat dan di Semua Situasi.Yogyakarta.Araska.

Ruky,Ahmad S. 2015. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta.PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahmawati, Y., Candra Pradana, K., Rinaldi, A., Syazali, M., & History, A. (2021). Curiosity and creative characters: The impact on students’ numerical ability. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 231–246. https://doi.org/10.24042/djm

Syazali, M., Iqoh, U., Mufty, V. F., & Rahmawati, Y. (2021). Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and series algebraic material: The influences on numerical skills. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012104

Sedarmayanti.2014.Sumber Daya Manusisa dan Produktivitas Kerja. Bandumg. CV. Mandar Maju.

Sudarwan Danim.2002, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung. Pustaka Setia.

Sudjana, Nana, 2000, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sudjana,2005.Statistik Deskristif. Bandung. PT Rosda Karya.

Sugiyono, 2011.Methode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D.Bandung.Alfabeta.

Sugiyono.2021.Methode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung.Alfabeta.

Supardi.2014.Kinerja Guru.Jakarta. Grafindo

Suryani, Hendryadi. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Teori dan Aplikasi pada Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam.Jakarta. Prenada Media Group.

Syafaruddin, 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Ciputat: Ciputat Press.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Bandung. Nuansa Aulia.

Usman Husaini.2014.Manajemen (Teori, praktik, dan Riset Pendidikan). Jakarta.Bumi Aksara.

V. Wiratna Sujarweni, 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Wahyudi Bambang.2012.Konsep Kinerja.Jakarta.Mandiri Putra.

Wibowo,2011. Manajemen Kinerja.Jakarta.PT Raja Grafindo Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v2i1.1874

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.