Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Rayon Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Anna Maryana, Ruhban Masykur, Ahmaludin Ahmaludin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, adakah pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 125 orang tenaga kependidikan. Penentuan sampel menggunakan metode Random Sampling sehingga didapat sampel berjumlah 31 orang tenaga kependidikan diambil dari 25 persen populasi. Alat nalisis yang digunakan berupa uji validitas, uji relibilitas. Uji analisis data pada penelitian ini meliputi uji t, uji f, dan regresi linear berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kompetensi profesional (X1) terhadap kinerja guru (Y) karena setiap kenaikan satu poin dari variabel kompetensi profesional diikuti oleh kenaikan variabel kinerja guru. Serta, terdapat pengaruh antara motivasi (X2) dengan kinerja pegawai (Y) karena setiap kenaikan satu poin dari variabel motivasi diikuti oleh kenaikan variabel kinerja pegawai. Terdapat pengaruh kompetensi profesional dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Rayon Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.

Keywords


Kompetensi Profesional; Motivasi Kerja; Kinerja Guru; Guru Sekolah Dasar

References


Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159.

Awaluddin, Nasution, W. N., & Zein, A. (2017). Analisis Sistem Pembelajaran Tilawah dan Tahfizh Alquran Di Sekolah Dasar SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan Sunggal. Edu Riligia, 1(2), 244–257.

Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Efendi, I., Mashami, R. A., Khery, Y., Sholehah, A., Lestari, A., Wahidah,

A. S., & Septiawan, F. (2022). Workshop Penyusunan Rpp Dengan Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Di Smp Islam Al-Azhar NW Kayangan. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 4(1), 62–67.

Fauzi, M. S., & Falah, M. S. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di SMAU 1 Gresik. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 54–76.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277.

Heryanto, T. (2021). Program Pemeliharaan Karyawan Dalam Mencapai Tujuan Institusi. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(1), 89–101.

ayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).

Jufrizen, J. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Sains Manajemen, 7(1), 35–54.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 105–128.

Nuryana, M. E., Haryanto, E., & Rahman, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pengelola, Iklim Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tutor Pkbm (Studi Pkbm Al Ghozali Desa Lubuk Banjar Kabupaten Ogan Komering Ulu). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 754–765.

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.

Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 88–99.

Rahayuningsih, Y. S., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857.

Siregar, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 18 Medan. Jurnal Ilmiah Research Sains, 5.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v2i1.1872

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.