Kompetensi Guru Dan Disiplin Kerja : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Rayon Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

Altin Muharda Munir, Ahmaludin Ahmaludin, Ruhban Masykur

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru, pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, dan pengaruh kompetensi guru dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Rayon Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan Kuantitatif Deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 125 orang tenaga kependidikan. Penentuan sampel menggunakan metode Purposive Sampling sehingga didapat sampel berjumlah 31 orang tenaga kependidikan. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi guru (X1) dengan kinerja guru (Y), terdapat pengaruh antara disiplin kerja (X2) terhadap kinerja guru, serta terdapat pengaruh antara kompetensi guru (X1) dan disiplin kerja (X2) terhadap Kinerja guru (Y) di Sekolah Dasar Negeri Rayon Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Keywords


Kompetensi Guru; Disiplin Kerja; Kinerja Guru

References


Abdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Efektivita Proses Mengajar Di Madrasah Aliayah Ddi Bontang. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2).

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Cahyono, H. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi Di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajran, 3(2), 5–12.

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300.

Lestari, F. I., Wahyudin, U. R., & Mustofa, T. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Rangka Meningkatkan Profesionalitas Guru di SMP Islam Karawang. FONDATIA, 6(3), 490–500.

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.

Pujiman, P., Rukayah, R., & Matsuri, M. (2021). Penerapan prinsip manajemen kelas dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 124–128.

Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115–132.

Riswadi, R. (2020). Kompetensi Profesional Guru Rumpun Mata Pelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah (MIN) II Model Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 35–61.

Rivai, A. (2021). Pengaruh pengawasan, disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22.

Rosyad, A. M. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 159–177.

Suwandi, F. Y. I. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 1 Karangampel Indramayu. Jurnal Ekonomi Manajemen, 15(2), 54–68.

Ubaidillah, U. (2020). Pengembangan minat belajar kognitif pada anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 58–85.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v2i1.1869

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.