Analisis Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer Ahsya Management Di Bandar Lampung

Raditte Husin, Maria Elina, Tiara Puspa Maharani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer ahsya management di Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 customer wedding organizer Ahsya Management. Hasil pengujian hipotesis mengenai pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer Ahsya Management diperoleh melalui perhitungan uji-t. Hasil penelitian didapat variabeal promosi memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer Ahsya Management. Pengaruh nyata promosi terhadap keputusan pembelian dapat ditunjukkan dengan nilai R square = 0,894 atau sebesar 89,4% sedangkan sisanya sebesar 10,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Ahsya Management; Keputusan Pembelian; Promosi; Wedding Organizer

References


Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiolan, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4), 1–22.

Agustin, M. Y. (2016). Analisis Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Tridjaya Motor Dealer Resmi Motor Honda Cabang Girian - Bitung). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 472–483.

Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 11–24.

Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.32493/jee.v3i1.7272

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769

Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6dt5

Budiman, A., & Asj’ari, F. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Calon Pengantin Menggunakan Jasa Wedding Organizer Pada Pameran Wedding Royal Plaza Surabaya (2019). Journal of Sustainability Bussiness …, 2(3), 1–15. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/view/4271%0Ahttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/download/4271/3152

Efnita, T. (2017). Effect of Variation of Products, the Service Quality, Price and Location on Customer Satisfaction Wedding Organizer. Jurnal AdBispreneur, 2(2), 107–115.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684

Fitriana, R., & Darmawan, D. R. (2021). Workout sebagai gaya hidup sehat wanita modern. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 199–213. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17571

Haryoko, U. B., Delimah Pasaribu, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566

Heryanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. https://doi.org/2443-2121Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. http://doi.org/2443-2121

Jenty, F., & Setyanto, Y. (2019). Pemanfaatan Event sebagai Upaya Public Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan (Studi pada PT. XYZ sebagai pendukung kegiatan Asian Games 2018). Prologia, 2(2), 320–326. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3593

Kamisi, H. La, Lekahena, V. N. J., & Hiariey, S. L. (2017). Analisis kelayakan usaha pengolahan ikan asap di Kelurahan Faudu, Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 10(1), 34–37. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.10.1.34-37

Lontoh, M. N. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 515–525.

Nuzleha, Yamin, Y., & Novalia. (2019). ENGARUH PROMOSI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. KARYA NIAGA DI BANDAR LAMPUNG. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(1), 17–26.

Permana, D. I. (2017). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LANTAI KAYU DAN PINTU PT.PIJI DI JAWA TIMUR. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 116–123. https://doi.org/10.35797/jab.0.0.2017.18378.

Pinaraswati, S. O. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Reputasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Wedding and Event Organizer di Surabaya. GEMA EKONOMI (Jurnal Fakultas Ekonomi), 10(2), 125–143.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v1i1.1417

Article Metrics

Abstract view : 1067 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 693 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.