Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan e-Learning di MAS Muhammadiyah Nangahure

Nur Ainun Syahra Ramadhan, Kristina Tresia Leto, Kartini Rahman Nisa, Apriani Megati, Germanus Gleko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik dengan e-Learning pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Muhammadiyah Nangahure pada semester 2 tahun ajaran 2021-2022. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA sebanyak 27 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep peserta didik dengan e-Learning terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan tinggi, tingkat kemampuan sedang, dan tingkat kemampuan rendah. Peserta didik yang dikategorikan dalam tingkat kemampuan tinggi dapat mencapai level menciptakan, peserta didik yang dikategorikan dalam tingkat kemampuan sedang dapat mencapai level menganalisis, dan peserta didik yang dikategorikan dalam tingkat kemampuan rendah hanya dapat mencapai level pemahaman.

Keywords


E-learning; Hidrolisis Garam; Pemahaman Konsep; Tingkat Pemahaman

References


Amelia, D., Marheni, M., & Nurbaity, N. (2014). Analisis miskonsepsi siswa pada materi hidrolisis garam menggunakan teknik CRI (certainty of response index) termodifikasi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 4(1), 260–266.

Dewi, N. S., Hartiwi, J., & Yani, N. A. (2022). Kecerdasan Ganda: Penerapannya dalam Proses Pembelajaran Berbahasa Inggris. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(1), 66–72. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1637

Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, W. (2020). Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap pemahaman konsep hidrolisis garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561–2571.

Ihsan, M. S., Hadisaputra, S., Ramdani, A., & Al Idrus, A. (2020). Pengembangan Instrumen Pemahaman Konsep Berbasis Komputer pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(1), 26–29.

Irawati, R. K. (2019). Pengaruh pemahaman konsep asam basa terhadap konsep hidrolisis garam mata pelajaran kimia SMA Kelas XI. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 1–6.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270.

Muniroh, A. (2015). Profil Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Bloom Siswa Kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Suku Banyak Ditinjau dari Kemampuan Akademik. IAIN Tulungagung.

Orwat, K., Bernard, P., & Migdał-Mikuli, A. (2017). Alternative conceptions of common salt hydrolysis among upper-secondary-school students. Journal of Baltic Science Education, 16(1).

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.

Ramadany, L. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Meyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender di SD IT Mutiara Insan Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 17–26.

Rusby, Z., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2017). Upaya Giru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-Hikmah, 14(1).

Sajow, G. (2022). Kebijakan Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Menengah Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Jurnal Politico, 11(1).

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran E-Learning menggunakan Whastsapp sebagai solusi ditengah penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159.

Sihotang, H. T. (2017). Pembuatan Aplikasi E-Learning Pada SMK Swasta Pariwisata Imelda. Jurnal Mantik Penusa, 1(2).

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.

Sulistio, A. (2021). Peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam penerapan pembelajaran sinkron dan asinkron melalui google classroom, google meet dan aplikasi e-learning. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 63–69.

Sundari, N., Farida, F., & Andriani, S. (2022). Strategi Pembelajaran Heuristik KR dan Motivasi Belajar: Dampak Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 1–8.

Wafa, U. M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smpit nur hikmah. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Yohanes, F. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 23–35.




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1754

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License