Penguatan Amaliyah Siswa Melalui Pembelajaran Ahlussunah Wal Jama’ah di MA Al Hikmah Bandar Lampung

Berlian Umi Soleha, Sulthan Syahrir, A. Fatoni

Abstract


Pemahaman memiliki peran yang penting untuk mengintegrasikan dan penguatan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja) pada peserta didik, karena pemahaman merupakan proses tertanamnya nilai dalam diri peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya peranan yang kuat antara pendidik dan peserta didik untuk besama-sama memajukan penguatan amaliyah aswaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Rencana pembelajaran Aswaja; 2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja; 3) Evaluasi pembelajaran Aswaja; dan 4) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan amaliyah di MA Al Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran aswaja, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan amaliyah siswa terdiri dari perencanaan pembelajaran Aswaja, pelaksanaan pembelajaran Aswaja, evaluasi pembelajaran Aswaja. Metode dan strategi yang digunakan dalam proses pembeajaran menggunakan metode ceramah, sorogan dan Tanya jawab. Faktor yang pendukung dan penghambat yang terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor intern yang berasal dari diri siswa itu sendiri dan ekstern yang berasal dari luar siswa contohnya budaya sekolah, lingkungan, warga sekolah maupun yang lainnya.

Keywords


Lembaga Pendidikan Islam; Mata Pelajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah; Penguatan Amaliyah

References


Abrori, M. S., Mispani, M., Setiawan, D., & Khodijah, K. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) Dalam Pembelajaran Ke-NU-An di MTS Darussalam Kademangan Blitar. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 45–58.

Apriani, Y., & Napitupulu, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Pembelajaran IPS Kelas III SDN 12 Tanah Tinggi. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 86–93. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1156%0Ahttps://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/download/1156/752

Bakar, A. (2016). Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama. Oleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123–131. https://situswahab.wordpress.com

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16.

Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. N. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156–172.

Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke 21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3103

Fuadi, M. A., & Khakim, Y. S. (2022). Dinamika Pemberdayaan Masyarakat di Pesantren LDII Millenium Alfiena Nganjuk. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 6(1), 29–46.

Hafidh, Z., & Badrudin, B. (2019). Pesantren dan Kemandirian Perekonomian: Studi tentang Kewirausahaan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 257–267.

Hakim, M. L., Hidayat, M. T., & Sifa, M. (2022). Implementasi Prinsip-Prinsip Aswaja Dalam Pendidikan Untuk Memperkokoh Karakter Bangsa Dan Mewujudkan Entitas NKRI. Al-Fikr : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 10–18.

Hasan, M. A. K. (2013). Merajut Kerukunan Dalam Keragaman Agama dI Indonesia (Perspektif Nilai-Nilai Al-Quran). PROFETIKA : Jurnal Studi Islam, 14(1), 66–77. https://doi.org/10.23917/profetika.v14i1.2008

Helmawati, H. (2018). Implementasi Nilai-nilai ASWAJA dalam Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Entitas NKRI. SIPATAHOENAN, 4(1).

Hubi, Z. B., Fahmi, R., Adhari, N. R., & Nadya, A. (2021). Peran Pesantren sebagai Implementasi Community Civics di Pesantren Nahdlatul Ulama. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 56–67. https://doi.org/10.24036/8851412512021525

Indrawan, I. (2019). Konsep Dasar Ekonomi Pendidikan pada Tataran Suprastruktur dan Infrastruktur Politik di Indonesia. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 91–98. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.80

Jumala, N. J. N., & Abubakar, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 160–173.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Muid, A., & Syofiyatin, A. (2021). Implementasi Prinsip-Prinsip Ahlussunnah Wal Jama’ah Annahdhiyyah Dalam Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Islam, 7(7), 45–98.

Mujiati, S. H., Ulfiah, & Nurjaman, U. (2022). Relasi Aswaja An-Nahdliyah Dan Negara. Jurnal Ar-Rihlah. Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 11–31.

Muzakir, & Yohana. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Ahlusunnah Waljamaah dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu. Jurnal Tirai Edukasi Volume 1, 1(4).

Nasrudin, A., Lestari, L., Noviardi, A., & Setiaji, H. (2021). Khawarij : Aliran-Aliran Dan Pemikiran. Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2), 389–403.

Nuryani, N., Syufa’at, M. A., & Fajar, M. S. (2019). Konsep Dakwah Kultural Nahdlatul ‘Ulamâ. Al-Idza’ah: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(2), 23–40.

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.

Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19–32.

Qulub, L. (2019). Profesionalisme Pendidik Dalam Proses Pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(1).

Siregar, A. P. (2022). Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Mata Pelajaran Umum di SMP Swasta Madani Marindal I. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 13–24.

Syahputra, M. C. (2020). Jihad santri millennial melawan radikalisme di era digital: Studi Gerakan Arus Informasi Santri Nusantara di media sosial. Jurnal Islam Nusantara, 4(1), 69–80.

Tohawi, A. (2021). Pendidikan Ahlu Sunah Waljamaah An Nahdiyah Sebagai Penguat Wawasan Kebangsaan. Jurnal Ilmiah Innovative (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian), 8(2), 1–14.

Zahro, A. (2020). Perubahan Pesantren antara Efektifitas dan Inefektifitas. TARBIYATUNA (e-Journal), 13(2), 107–122.




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1752

Article Metrics

Abstract view : 1024 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories