Pembelajaran Daring Pada Praktik Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis

Sri Harini Ekowati, Azalia Nurul Balgist, Nadia karima

Abstract


Dalam masa pandemi covid-19 ini, hampir semua kegiatan sekolah dilakukan secara daring, demikian juga dengan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di sekolah mitra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis mengenai PKM Daring yang telah mereka lakukan. Penelitian PKM Daring ini melibatkan 15 responden yang telah melakukan PKM pada semester gasal dan semester genap tahun 2020-2021. Data diperoleh melalui angket tertutup dan angket terbuka yang diberikan kepada responden melalui Google Form. Setelah angket terisi, kemudian angket tersebut dianalisis dengan menggunakan teori Hubermann, hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa PKM, senang melakukan PKM Daring. Ada banyak keuntungan yang mereka peroleh dari PKM Daring tersebut. Disamping keuntungan tentunya ada juga beberapa kekurangannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PKM Online mahasiswa Jurusan Bahasa dan Keguruan Perancis 100 persen lancar, 87 persen mahasiswa mengatakan PKM Online menggembirakan. 40 persen mahasiswa menyatakan PKM Online tidak ada masalah, masalah utama hanya pada jaringan internet.

Keywords


Opini Siswa; Pembelajaran Online; Pendidikan Bahasa Prancis; Praktik Keterampilan Mengajar

References


Aldiyah, E. (2021). Perubahan gaya belajar di masa pandemi covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16.

Desriva, N., Utari, M. D., & Al Padri, A. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19 di Kota Pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, 3(1), 124–130.

Dewi, K. R. P., & Sunarta, I. N. (2021). Evaluasi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali Dalam Menanggulangi COVID-19 Di Kota Denpasar. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 11–20.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13–24.

Fitria, N., & Fidesrinur, F. (2018). Praktik Pengalaman Lapangan: Studi Evaluatif Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL PG PAUD Universitas Al Azhar Indonesia Tahun 2015/2016. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 41–52.

Gumelar, D. R., & Dinnur, S. S. (2020). Digitalisasi Pendidikan Hukum dan Prospeknya Pasca Pandemi Covid-19. Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Peradilan Islam, 1(2), 111–122.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Husein, W. M. (2022). Disrupsi Pendidikan Di Era New Normal Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2064–2072.

Juhji, J., Rachman, M. S., & Nurjaya, N. (2020). Media daring dan kuantitas pemberian tugas terhadap kepuasan belajar mahasiswa. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Kholishoh, Z., Firmansyah, D. A., & Sa’adah, S. I. (2022). Optimalisasi Perdagangan Ukm Mikro Di Tengah Pemberlakuan Ppkm Darurat Covid-19 Menurut Hukum Islam: Studi Kasus. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 7(1), 12–25.

Lasiati, L. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dengan Media Video pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas II SD Negeri 4 Kuranji. YASIN, 1(1), 108–120.

Makarim, H., & Fauzi, F. (2022). Pelaksanaan blended learning di SD Islam Al-Mujahidin Cilacap sebagai solusi pembelajaran di era new normal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 400–410.

Maksum, A., & Fitria, H. (2021). Tranformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.

Montesa, Y., & Ardisal, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Benda Melalui Model Pembelajaran Scramble pada Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 34–40.

Mulyatun, S. (2014). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru kimia (studi pada praktik pengalaman lapangan mahasiswa tadris kimia). Phenomenon: J. Pendidik. MIPA, 4(1), 79–90.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Novianti, D. E. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Apa dan Bagaimana? Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Pratama, B. R., Lutfiyani, N., & Nugrahaini, I. (2015). Pengaruh Prestasi Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Penguasaan Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Yang Profesional (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1).

Putra, N. P., & Nisaurrasyidah, I. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom dan WhatsApp Group di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C di PKBM Bina Insani. In E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (pp. 19–24).

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti, S. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 565–572.

Rionanda, L. S., Farida, F., Putra, F. G., Damayanti, E., & Pradana, K. C. (2022). ICT-Based Lajur Bata Game Media Using Guided Discovery Method on Flat-sided Space Geometry Subject. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature (JCELL), 1(4), 235–248. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i4.47

Solihin, A. (2020). Pembelajaran online dengan Aplikasi Zoom Meeting di Kelas 5 SDN 1 Selaawi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kehumasan, 3(2), 17–24.

Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 185–190.

Yuhanni, Y. (2021). Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN se Kota Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1738

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License