Analisis Pendahuluan Pengembangan Media Wondershare Quiz Creator Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrolisis Garam

Irfandi Irfandi, Rosa Murwindra

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguraikan tentang studi pendahuluan media evaluasi berbasis wondershare quiz creator pada materi hidrolisis garam. Studi pendahuluan pada penelitian ini terdiri atas wawancara dan observasi lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kimia, kendala pada peserta didik dalam evaluasi pembelajaran kimia, dan mengeksplorasi kebutuhan media evaluasi pembelajaran kimia. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kimia di MAN 1 Kuantan Singingi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media wondershare quiz creator dibutuhkan sebagai media evaluasi pembelajaran inovatif berbasis teknologi sebesar 100 persen. Media evaluasi tersebut dapat mempermudah guru dan dapat memotivasi belajar peserta didik.

Keywords


Chemistry Learning; Learning Evaluation; Media Development; Salt Hydrolysis; Wondershare Quiz Creator

References


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Asrul, A., Ananda, R., & Rosnita, R. (2015). Evaluasi pembelajaran. Citapustaka Media.

Daulae, T. H. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Forum Paedagogik, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778

Gayatri, G., Rusadi, U., Meiningsih, S., Mahmudah, D., Sari, D., Kautsarina, N., & Karman, N. (2015). Digital citizenship safety among children and adolescents in indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 6(1), 122672.

Iqbal, W. M. G. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak.

Khaldun, I., Hanum, L., & Utami, S. D. (2019). Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 132–142. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14702

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1), 75. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818

Rionanda, L. S., Farida, F., Putra, F. G., Damayanti, E., & Pradana, K. C. (2022). ICT-Based Lajur Bata Game Media Using Guided Discovery Method on Flat-sided Space Geometry Subject. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature (JCELL), 1(4), 235–248. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i4.47

Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1).

Sa’adah, S. I., Rasmiwetti, R., & Linda, R. (2019). Pengembangan Soal Hots Dengan Wondershare Quiz Creator Sebagai Media Display Pada Materi Stoikiometri Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 177–188. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593

Sim, K., & Butson, R. (2013). Do Undergraduates Use their Personal Computers to Support Learning? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 330–339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.341

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Widoyoko, E. P. (2012). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Pustaka Belajar.

Yasa, I. M. W., & Wijaya, I. (2020). Kompetensi Guru Agama Hindu Yang Belum Bersertifikat Pendidik. Purwadita: Jurnal Agama …, 4(2), 181–186. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/775

Yoon, S. Y., Lee, J., & Lee, C. H. (2013). Interacting with Screenagers in Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103(December), 534–541. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.370




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1736

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License