Kemitraan Manajemen Teknik Otomotif Dengan Yayasan Toyota Astra: Sebuah Studi Kasus

Indra Susila, Rizki Arumning Tyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kemitraan Kompetensi Keahlian Teknis Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 1 Purworejo dengan Yayasan Toyota dan Astra yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, dan Kepala Bidang Kompetensi Teknik Kendaraan Bermotor. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap perencanaan menghasilkan nota kesepahaman kemitraan, (2) Tahap implementasi menghasilkan pengelolaan struktur organisasi kegiatan kemitraan dan pelaksanaan berbagai program kemitraan, dan (3) Tahap evaluasi menghasilkan berbagai masukan untuk pencapaian kegiatan kemitraan yang bermanfaat bagi pengembangan kegiatan sejenis di masa yang akan datang.

Keywords


Kemitraan Manajemen; Sekolah Menengah Keguruan (SMK); Teknik Otomotif; Yayasan Toyota Astra

References


Arifin, Z. (2012). Implementasi Manajemen Stratejik Berbasis Kemitraan Dalam Meningkatkan Mutu SMK. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 60–70.

Azizah, A., Murniati, A. R., & Khairuddin, K. (2015). Strategi Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usahaha Dan Dunia Industri (DU/DI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Pada SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2), 148–158.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjamin Mutu Pendidikan. (2015). Kemitraan Sekolah dengan Pihak Eksternal. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Pusat Statistik Provinsi jawa Tengah. (2019). Tingkat Pengangguran Menurut Tingkat Pendidikan 2017-2019.

Chai, S., & Shih, W. (2016). Bridging science and technology through academic–industry partnerships. Research Policy, 45(1), 148–158.

Chen, J., Pickett, T., Langell, A., Trane, A., Charlesworth, B., Loken, K., Lombardo, S., & Langell, J. T. (2016). Industry-academic partnerships: an approach to accelerate innovation. Journal of Surgical Research, 205(1), 228–233.

Clarke, L., & Winch, C. (2012). Vocational education: International approaches, developments and systems. Routledge.

Febrianti, J., Ragil, W., & Sari, E. (2014). Manajemen Kemitraan SMKN 14 Jakarta dengan Dunia Usaha Dunia Industri. Jurnal Improvement, 1(1).

Frank, F., & Smith, A. (2000). The Partnership Handbook. Minister of Public Work and Government Services.

Gazizova, A., & Khuzina, E. (2015). Academic-Industry Partnership in Russia and Abroad. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 214, 941–945.

Glickman, C. D., & Gordon, R. (2014). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (7th Editio). Pearson Education.

Gunadi, G. (2013). Peningkatan keterampilan produktif calon guru SMK otomotif melalui kemitraan dengan industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(4), 301–306.

Hanieh, A. A., AbdElall, S., Krajnik, P., & Hasan, A. (2015). Industry-academia partnership for sustainable development in Palestine. Procedia CIRP, 26, 109–114.

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri (Kajian aspek penhgelolaan pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57–69.

Kaklauskas, A. (2018). Neuro multiple criteria analysis system for university-industry partnerships. Procedia Engineering, 212, 93–100.

Lestari, B., & Pardimin, P. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 113.

Nurhadi, D., & Lyau, N.-M. (2018). Cultivating responsibilities of vocational teachers: a framework for preparing education to work. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), 295–302.

Sallis, E. (2014). Total quality management in education. Routledge.

Sofyan, H. (2019). Penguatan Kemitraan Pendidikan Vokasi dengan Dunia Industri. In Pendidikan Vokasional Berbasis Kemitraan Publik dan Industri. UNY Press.

Supriyanto, S., & Muhyadi, M. (2013). Manajemen Kurikulum Berbasis Kemitraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Rota Bayat Kabupaten Klaten. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 295–307.

Sutopo, & Nuryanto, A. (2019). Model Kemitraan Pendidikan Vokasional dengan Dunia Usaha dan Industri. In Pendidikan Vokasional Berbasis Kemitraan Publik dan Industri. UNY Press.

Tyas, R. A., Pujianto, P., & Suyanta, S. (2020). Evaluasi manajemen Program Sekolah Siaga Bencana (SSB). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 10–23.

Usman, H., & Darmono. (2019). Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Usaha/Industri Menyongsong Era Revolusi Industri 5.0. In Pendidikan Vokasional Berbasis Kemitraan Publik dan Industri. UNY Press.

Widarto. (2019). Penguatan Employability Skills dan Budaya Kerja Industri Lulusan Pendidikan Vokasional. In Pendidikan Vokasional Berbasis Kemitraan Publik dan Industri. UNY Press.

Wu, M., Siswanto, I., & Arifin, Z. (2018). Fostering telecommunication industry development through collaboration among university, industry, and government~ Elevating triple helix model of collaboration in Indonesia~. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.5), 4.




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1726

Article Metrics

Abstract view : 1070 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 742 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories