Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi

Zughrofiyatun Najah, Lisa Mei Lindasari

Abstract


Pendidikan adalah faktor yang dapat disajikan sebagai jaminan bagi pengembangan sumber daya manusia, sehingga diharapkan manusia mampu menghadapi tantangan globalisasi. Sebagai agen perubahan sosial, optimalisasi pendidikan yang berada dalam atmosfir modernisasi dan globalisasi melalui proses pembelajaran atau strategi lain yang dikenal oleh khalayak masyarakat dan berlandaskan ajaran agama harus selalu ditingkatkan perannnya secara dinamis dan proaktif seperti yang tampak sekarang ini. Hal ini akan cederung memposisikan pendidikan sebagai sebuah misi dalam menyelesaikan dialektika permasalahan pendidikan dalam era globalisasi ini. Baik permasalahan yang berada dalam tataran intelektual, teoritis dan praktis. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi dan memahami permasalahan – permasalahan pendidikan Islam di era globalisasi dan bagaiamana seharusnya pendidikan Islam menyikapi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan menghimpun data dari tulisan-tulisan (literasi) yang mempunyai kaitan dengan topik yang dibahas. pembaharuan konsep dan fungsi pendidikan Islam harus lebih diperkuat lagi dengan landasan – landasan yang kuat. Dari penelitian ini didapat beberapa tantangan yang muncul ialah kebodohan, kebobrokan moral, dan hilangnya karakter muslim dalam diri setiap umat Islam khususnya, diantaranya adalah dengan melakukan inovasi dan internalisasi transformatik pondok pesantren.

Keywords


Globalisasi; Pendidikan Karakter; Kebodohan; Moral

References


Agustian, A. G. (2001). ESQ ; Emotional Spiritula Quotient Berdasarkan Enam Rukun Iman dan Lima Rukun Islam. Arga.

Alim, S. (2013). Muhammad SAW is Entrepreuner. Hilal Media.

Arifin, H. M. (1993). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Bumi Aksara.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III. Prenamedia Group.

Cahyono, H. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi Di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajran, 3(2), 5–12.

Dhalimunte, F. R. (1999). Kapita Selekta Pendidikan. IAIN Press.

Gazali, I. al. (1984). Ihya Ulumuddin Bab Keajaiban. faisan.

Langgulung, H. (1980). Asas – asas Pendidikan Islam. Pustaka al – Husni.

Lindasari, L. M., & Putra, F. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Memfasilitasi Distance Learning pada Materi Program Linear. OLER (Online Learning in Educational Research), 1(1), 1.

Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan. al – Ma’arif.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Muhsin, B., & Wahid, A. (2009). Pendidikan Islam Kontemporer. Refika Aditama.

Mutiara, P. A., Achmad, F., Alief, M., Lindasari, L. M., Supriadi, N., Putra, F. G., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2021). Analysis of mathematical critical thinking skills: The impact of RMS (Reading, Mind mapping, and Sharing) learning model assisted by PPW (Props, Powerpoint, and Worksheet). Journal of Physics:Conference Series, 1796(Young Scholar Symposium on Science Education and Environment (YSSSEE)), 1.

Nashir, H. (2007). Kedaulatan Rakyat.

Partanto, P. A., & Barry, M. D. A.-. (2003). Kamus Ilmiah Populer. Arloka.

Pasaribu, R. B. F. (2011). Globalisasi dan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458

Qardawi, Y. (2001). Reposisi Islam. al – Mawardi Prima Press.

Rahardjo, M. D. (1995). Dunia Pesantren dalam Peta Pembaharuan. LP3ES.

Rini, T. P. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Sslam untuk Transformasi Sosial. International Seminar on Islamic Education (ISIE 2018), Isie, 55–62.

Saleh, A. R. (2000). Pendidikan Agama dan Visi Misi dan Aksi. Gemawindu.

Siahaan, S. (1999). Kapita Selekta Pendidikan. IAIN Press.

Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214–248. https://doi.org/10.22146/jf.12784

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Winarno, B. (2015). Globalisasi dan Masa Depan Demokrasi. Jurnal Unair, 124.

Yunus, M. (2008). Islam dan Kewirausahaan Inovatif. UIN Malang Press.




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1522

Article Metrics

Abstract view : 2434 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1648 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License