Toleransi Antar Umat Beragama melalui Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak)
	
	
			
		Abstract
		
		Negara Indonesia merupakan negera yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya dan kepercayaan. Maka perlu yang Namanya pembinaan toleransi, tekhusus toleransi antar umat beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana penerapan pembelajaran agama islam dalam membina toleransi antar umat beragama di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak. Metode pendekatan penelitian kualitaitify yang berisikan pendeskripsian mengenai data yang diperoleh dari lapangan, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana peran pembelajaran agama islam dalam membina toleransi antar umat beragama di SMAS Paramarta 1 seputih Banyak yaitu (1) dengan mengaitkan nilai-nilai toleransi dalam perencanaan pembelajaran, selanjutnya (2) pendidik selalu memasukkan nilai toleransi antar umat beragama di dalam materi, selain itu (3) Adanya pembinaan dan pengamatan toleransi antar umat beragama, (4) Pembelajaran agama islam boleh diikuti oleh siswa yang non agama islam, (5) Percontohan yang dilakukan pendidik dalam hidup bertoleransi, dan (6) Adanya kegiatan hari-hari besar keagamaan dan gotong royong.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Antarumat Beragama, Pembelajaran, Pembinaan Toleransi
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Alzana, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 52–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370
						Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662
						Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205.
						Damanik, N. (2019). Toleransi Dalam Islam. Shahih: Jurnal Ilmu Kewahyuan, 2(1), 1–27.
						Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan. Al-’Ibrah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 72–92. https://www.umpar.ac.id/jurnal/index.php/ibrah/article/view/22
						Huda, M. M., Falah, R. Z., Amanina, N., & Mubarok, M. A. (2021). Internalisasi Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Den Haag. Edification Journal, 3(2), 191–210. https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.258
						Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Humanistik dalam Membentuk Budaya Toleransi Peserta Didik Di SMA Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah. Inferensi, 11(1), 163. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.163-186
						Mula, D. A., Damopolii, M., & Buhungo, R. A. (2019). Peran Guru PAI Dalam Membina Etika Toleransi Siswa Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto. PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Volume, 1(2), 42–57.
						Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072
						Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011
						Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131–150. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037
						Samsudin, S. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian di Era Disrupsi. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 148–165. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.666
						Setyorini, W., & Yani, M. T. (2020). Interaksi Sosial Masyarakat Dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama (Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1078–1093.
						Umar, M. (2018). Pembinaan Kedamaian Hidup Beragama melalui Optimalisasi Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 1–38. https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.588
						Wibawa, A. P., Qonita, A., Dwiyanto, F. A., & Haviluddin. (2018). Perbandingan Metode Prediksi pada Bidang Bisnis dan Keuangan. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 129–133.
						Yunus, M. (2017). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166–187. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i2.566
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1355
 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1355	
Article Metrics
 Abstract view : 2238 times
 Abstract view : 2238 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 1681 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 1681 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Negara Indonesia merupakan negera yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya dan kepercayaan. Maka perlu yang Namanya pembinaan toleransi, tekhusus toleransi antar umat beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana penerapan pembelajaran agama islam dalam membina toleransi antar umat beragama di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak. Metode pendekatan penelitian kualitaitify yang berisikan pendeskripsian mengenai data yang diperoleh dari lapangan, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana peran pembelajaran agama islam dalam membina toleransi antar umat beragama di SMAS Paramarta 1 seputih Banyak yaitu (1) dengan mengaitkan nilai-nilai toleransi dalam perencanaan pembelajaran, selanjutnya (2) pendidik selalu memasukkan nilai toleransi antar umat beragama di dalam materi, selain itu (3) Adanya pembinaan dan pengamatan toleransi antar umat beragama, (4) Pembelajaran agama islam boleh diikuti oleh siswa yang non agama islam, (5) Percontohan yang dilakukan pendidik dalam hidup bertoleransi, dan (6) Adanya kegiatan hari-hari besar keagamaan dan gotong royong.
Keywords
References
Alzana, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 52–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370
Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662
Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205.
Damanik, N. (2019). Toleransi Dalam Islam. Shahih: Jurnal Ilmu Kewahyuan, 2(1), 1–27.
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan. Al-’Ibrah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 72–92. https://www.umpar.ac.id/jurnal/index.php/ibrah/article/view/22
Huda, M. M., Falah, R. Z., Amanina, N., & Mubarok, M. A. (2021). Internalisasi Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Den Haag. Edification Journal, 3(2), 191–210. https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.258
Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Humanistik dalam Membentuk Budaya Toleransi Peserta Didik Di SMA Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah. Inferensi, 11(1), 163. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.163-186
Mula, D. A., Damopolii, M., & Buhungo, R. A. (2019). Peran Guru PAI Dalam Membina Etika Toleransi Siswa Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto. PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Volume, 1(2), 42–57.
Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011
Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131–150. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037
Samsudin, S. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian di Era Disrupsi. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 148–165. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.666
Setyorini, W., & Yani, M. T. (2020). Interaksi Sosial Masyarakat Dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama (Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1078–1093.
Umar, M. (2018). Pembinaan Kedamaian Hidup Beragama melalui Optimalisasi Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 1–38. https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.588
Wibawa, A. P., Qonita, A., Dwiyanto, F. A., & Haviluddin. (2018). Perbandingan Metode Prediksi pada Bidang Bisnis dan Keuangan. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 129–133.
Yunus, M. (2017). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166–187. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i2.566


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :













 
 





 
 



 Choirul Anwar, Syamsuri Ali, Ardo Hutama Putra
 Choirul Anwar, Syamsuri Ali, Ardo Hutama Putra