Implementasi Metode Pembelajaran Baca Al-Qur'an Di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung
	
	
			
		Abstract
		
		Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Metode Pembelajaran Baca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik-teknik pengumpulan datanya digunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data yang diperlukan terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah analisa data. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran baca al-Qur'an di TPA Bani Lathif diimplementasikan melalui pelaksanaan komponen-komponen pembelajarannya. Dari aspek tujuan, penguasaan huruf hijaiyyah, tanda baca, tajwid dan dapat mempraktikkan baca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah makharijul huruf. Mereka diharpkan pula dapat menghayati dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi materi, lebih sederhana daripada metode lainnya, di mana santri tidak diberikan buku paket, namun materi dituliskan di papan tulis untuk melatih keterampilan menulis dan memperkuat hafalan, meski terkesan kurang efisien. Sistem yang digunakan dalam pembelajarannya antara lain dengan variasi sistem individual/privat, klasikal dan klasikal tulis, baca simak tadarus. Adapun media yang digunakan masih sederhana yakni dengan mengoptimalkan yang ada, dan menuntut kreativitas guru. Evaluasi dilakukan melalui tiga tahapan: evaluasi harian, evaluasi pergantian pokok bahasan; evaluasi khatam al-Qur'an atau tes kelulusan. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan belum terdapat perencanaan tertulis sebagaimana pada pendidikan formal, yang mengharuskan guru untuk membuat RPP sebelum melakukan proses pembelajaran.
		
		
	
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205.
						Iqbal, M., & Rizal, M. (n.d.). Kontribusi Dayah Darul Iman Dalam Perbatasan Buta Al-Qur’an di Blang Cot Tunong. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 13(1), 1–16.
						Irawan, M. D., & Herviana, H. (2018). Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Air Putih. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.427
						Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–33.
						Latifah, N., Sholihin, M., & Nugroho, A. S. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Jurnal Ilmu Agama Islam, 3(1), 58–68.
						Mesnawi, M., & Najamuddin, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Iqra’ di SDN Jepara I-Surabaya. In Universitas Muhammadiyah Surabaya.
						Munirah, & Ladiku, N. S. (2019). Pengembangan Sikap Keberagaman Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(2), 336–348.
						Nasution, M. H. (2020). Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64.
						Puspita, R. M., Arini, A., & Masrurah, S. U. (2016). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Kegiatan Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Algoritma Genetika (Studi Kasus: BPRTIK). Jurnal Online Informatika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.15575/join.v1i2.43
						Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54
						Zaini, H. (2019). Bencana Menurut Perspektif Al-Qur’an. El-Hekam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/jeh.v4i1.1998
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1345
 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1345	
Article Metrics
 Abstract view : 1533 times
 Abstract view : 1533 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 840 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 840 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
References
Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205.
Iqbal, M., & Rizal, M. (n.d.). Kontribusi Dayah Darul Iman Dalam Perbatasan Buta Al-Qur’an di Blang Cot Tunong. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 13(1), 1–16.
Irawan, M. D., & Herviana, H. (2018). Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Air Putih. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.427
Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–33.
Latifah, N., Sholihin, M., & Nugroho, A. S. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Jurnal Ilmu Agama Islam, 3(1), 58–68.
Mesnawi, M., & Najamuddin, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Iqra’ di SDN Jepara I-Surabaya. In Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Munirah, & Ladiku, N. S. (2019). Pengembangan Sikap Keberagaman Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(2), 336–348.
Nasution, M. H. (2020). Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64.
Puspita, R. M., Arini, A., & Masrurah, S. U. (2016). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Kegiatan Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Algoritma Genetika (Studi Kasus: BPRTIK). Jurnal Online Informatika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.15575/join.v1i2.43
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54
Zaini, H. (2019). Bencana Menurut Perspektif Al-Qur’an. El-Hekam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/jeh.v4i1.1998


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :













 
 





 
 



 Sumiyati Sumiyati
 Sumiyati Sumiyati