Implementasi Metode Pembelajaran Baca Al-Qur'an Di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung

Sumiyati Sumiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Metode Pembelajaran Baca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik-teknik pengumpulan datanya digunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data yang diperlukan terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah analisa data. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran baca al-Qur'an di TPA Bani Lathif diimplementasikan melalui pelaksanaan komponen-komponen pembelajarannya. Dari aspek tujuan, penguasaan huruf hijaiyyah, tanda baca, tajwid dan dapat mempraktikkan baca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah makharijul huruf. Mereka diharpkan pula dapat menghayati dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi materi, lebih sederhana daripada metode lainnya, di mana santri tidak diberikan buku paket, namun materi dituliskan di papan tulis untuk melatih keterampilan menulis dan memperkuat hafalan, meski terkesan kurang efisien. Sistem yang digunakan dalam pembelajarannya antara lain dengan variasi sistem individual/privat, klasikal dan klasikal tulis, baca simak tadarus. Adapun media yang digunakan masih sederhana yakni dengan mengoptimalkan yang ada, dan menuntut kreativitas guru. Evaluasi dilakukan melalui tiga tahapan: evaluasi harian, evaluasi pergantian pokok bahasan; evaluasi khatam al-Qur'an atau tes kelulusan. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan belum terdapat perencanaan tertulis sebagaimana pada pendidikan formal, yang mengharuskan guru untuk membuat RPP sebelum melakukan proses pembelajaran.

References


Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205.

Iqbal, M., & Rizal, M. (n.d.). Kontribusi Dayah Darul Iman Dalam Perbatasan Buta Al-Qur’an di Blang Cot Tunong. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 13(1), 1–16.

Irawan, M. D., & Herviana, H. (2018). Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Air Putih. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.427

Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–33.

Latifah, N., Sholihin, M., & Nugroho, A. S. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Jurnal Ilmu Agama Islam, 3(1), 58–68.

Mesnawi, M., & Najamuddin, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Iqra’ di SDN Jepara I-Surabaya. In Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Munirah, & Ladiku, N. S. (2019). Pengembangan Sikap Keberagaman Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(2), 336–348.

Nasution, M. H. (2020). Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64.

Puspita, R. M., Arini, A., & Masrurah, S. U. (2016). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Kegiatan Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Algoritma Genetika (Studi Kasus: BPRTIK). Jurnal Online Informatika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.15575/join.v1i2.43

Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54

Zaini, H. (2019). Bencana Menurut Perspektif Al-Qur’an. El-Hekam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/jeh.v4i1.1998




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1345

Article Metrics

Abstract view : 1533 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 840 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories