Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Lela Permanasari, Kenny Candra Pradana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan tingkat eksplorasi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Sampel penelitian kelas VII K sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus statistik t-tes. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes diperoleh nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 kurang dari 0.05. Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung.

Keywords


Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Matematika; Pengaruh Model Pembelajaran

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35=49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Adelina Yuristia. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714

Awaluddin, Nasution, W. N., & Zein, A. (2017). Analisis Sistem Pembelajaran Tilawah dan Tahfizh Alquran Di Sekolah Dasar SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan Sunggal. Edu Riligia, 1(2), 244–257.

Cahyono, H. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi Di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajran, 3(2), 5–12.

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2017). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 132–157. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303

Kartiwi, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xi Mipa 8 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(1), 371–381. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661880

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.661

Sholikhah, F. N., & Wahidah, Z. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi Di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan …, 2(1), 16–29. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/20

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wulandari, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkartu Terhadap Kemampuan Menganalisis Pengaruh Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Picisan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(5), 1–7.

Yamin, M. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP, 2(3), 107–117. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022%250




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1327

Article Metrics

Abstract view : 2366 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2065 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories