Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
	
	
			
		Abstract
		
		Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan tingkat eksplorasi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Sampel penelitian kelas VII K sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus statistik t-tes. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes diperoleh nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 kurang dari 0.05. Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh  model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Matematika; Pengaruh Model Pembelajaran
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35=49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
						Adelina Yuristia. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714
						Awaluddin, Nasution, W. N., & Zein, A. (2017). Analisis Sistem Pembelajaran Tilawah dan Tahfizh Alquran Di Sekolah Dasar SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan Sunggal. Edu Riligia, 1(2), 244–257.
						Cahyono, H. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi Di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajran, 3(2), 5–12.
						Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
						Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72.
						Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
						Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2017). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 132–157. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303
						Kartiwi, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xi Mipa 8 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(1), 371–381. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661880
						Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
						Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.661
						Sholikhah, F. N., & Wahidah, Z. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi Di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan …, 2(1), 16–29. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/20
						Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34
						Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
						Wulandari, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkartu Terhadap Kemampuan Menganalisis Pengaruh Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Picisan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(5), 1–7.
						Yamin, M. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP, 2(3), 107–117. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022%250
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1327
 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1327	
Article Metrics
 Abstract view : 2366 times
 Abstract view : 2366 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 2065 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 2065 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Keywords
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35=49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Adelina Yuristia. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714
Awaluddin, Nasution, W. N., & Zein, A. (2017). Analisis Sistem Pembelajaran Tilawah dan Tahfizh Alquran Di Sekolah Dasar SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan Sunggal. Edu Riligia, 1(2), 244–257.
Cahyono, H. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi Di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajran, 3(2), 5–12.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2017). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 132–157. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303
Kartiwi, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xi Mipa 8 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(1), 371–381. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661880
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.661
Sholikhah, F. N., & Wahidah, Z. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi Di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan …, 2(1), 16–29. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/20
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Wulandari, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkartu Terhadap Kemampuan Menganalisis Pengaruh Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Picisan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(5), 1–7.
Yamin, M. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP, 2(3), 107–117. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022%250


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :













 
 





 
 



 Lela Permanasari, Kenny Candra Pradana
 Lela Permanasari, Kenny Candra Pradana